Kebangkitan Karier Ilkay Gundogan, Cetak Gol Melebihi Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 14 Februari 2021
Kebangkitan Karier Ilkay Gundogan, Cetak Gol Melebihi Liverpool
Ilkay Gundogan (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester City menjalani musim yang fantastis bersama Pep Guardiola musim ini. Mereka di jalan menuju raihan titel Premier League setelah musim lalu titel direbut oleh Liverpool.

The Citizens tak terkalahkan di 23 pertandingan dan terus menjauh dari tim rival di Premier League. Teranyar mereka mengalahkan tim arahan Jose Mourinho, Tottenham Hotspur dengan skor 3-0 di Etihad Stadium, Minggu (14/02) dini hari WIB.

Tiga gol City dicetak oleh Rodri dan dua gol Ilkay Gundogan. Nama yang disebut terakhir tampil fantastis dalam dua laga terakhir, menorehkan empat gol meski posisinya gelandang tengah.

Performa hebat mantan pemain Borussia Dortmund itu menegaskan kebangkitan karier Gundogan. Pemain berusia 30 tahun tidak menjalani karier yang mulus dengan cedera yang nyaris mengakhiri kariernya.

Baca Juga:

Ungkapan Hati Gundogan Usai Dilatih Guardiola dan Klopp

Kalah dari Man City, Jose Mourinho Perkenalkan Istilah Penalti Modern

Emoh Larut dalam Pernyataan Klopp, Guardiola: Liverpool Masih Bisa Juara

Ilkay Gundogan

Cedera itu didapat kala membela Dortmund dan di musim pertama cedera parah membuatnya menepi hampir setahun. Namun kepercayaan Guardiola tidak luntur kepadanya. Tak ayal Gundogan tak menyiakan kepercayaan tersebut.

Alhasil ada catatan menarik yang dihitung sejak Januari 2021. Menurut Opta Gundogan sudah bermain sembilan kali, melepaskan tendangan tepat sasaran 11 kali, mencetak sembilan gol, memberikan satu assist, dan menciptakan peluang 16 kali.

Dengan sembilan gol itu Gundogan menjadi top skorer di antara lima liga top Eropa pada 2021, di atas Lionel Messi (delapan gol), Luis Suarez, Andre Silva, dan Youssef En-Nesyri, dan Robert Lewandowski (tujuh gol).

Bahkan jumlah itu melebihi delapan gol Liverpool pada 2021 (delapan gol). Itu catatan spesial mengingat posisinya gelandang tengah. Perubahan peran yang diberikan Guardiola menjadi kuncinya.

"Saya katakan berkali-kali dia bisa bermain sebagai striker, seperti false nine, dan orang-orang tertawa. Saya mengerti mengapa karena dia tidak melakukannya di sini. Tapi dia memiliki naluri untuk mencetak gol," tutur Guardiola soal Gundogan.

"Hari ini adalah tindakan untuk penalti yang jelas dan setelah dia memiliki kualitas untuk mencetak dua gol. Dia memiliki tempo untuk tiba di sana. Dia sangat bagus pada saat-saat ini."

"Dia memenangkan penghargaan sebagai pemain terbaik bulan ini. Jika dia terus bermain seperti ini pada Februari, dia akan memenangkannya lagi."

Ditanya mengapa Gundogan mencetak begitu banyak gol, Guardiola menambahkan, "Dia bermain lebih dekat ke kotak penalti. Ketika Fernandinho absen dua musim lalu, dia adalah seorang gelandang bertahan dan sulit untuk mencetak gol."

"Sekarang dia bermain dekat dengan striker dan dia memiliki kemampuan yang luar biasa untuk melakukan pergerakan ke kotak penalti. Kemudian ada penyelesaian akhir. Ketika seorang pria menembak seperti yang dia lakukan untuk gol kedua, Lloris tidak bisa menghentikannya," urai Guardiola.

Breaking News Gundogan Ilkay gundogan Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan