Keluh Kesah Pelatih PSM Makassar Jelang Melawan Persib

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 29 Agustus 2022
Keluh Kesah Pelatih PSM Makassar Jelang Melawan Persib
Skuat PSM Makassar. (LIB)

BolaSkor.com - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares meningkatkan kewaspadaannya menghadapi Persib Bandung. Kedua tim akan bertanding di Stadion B.J Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (29/8).

Pelatih asal Portugal ini mengatakan Persib memiliki para pemain bagus dan berkualitas. Bahkan tim berjulukan Maung Bandung ini juga baru mendatangkan pelatih berkualitas yakni Luis Milla yang sebelumnya menangani Timnas Indonesia.

"Tentu saja, dia (Luis Milla) datang dengan membawa kualitas dengan tim ini, dan motivasi mereka akan sangat tinggi terutama terhadap pemain-pemain mereka karena pemain-pemain mereka akan mempunyai alasan kuat untuk menunjukan performa yang bagus kepada pelatih yang baru," kata Bernardo Tavares, Minggu (28/8).

Bernardo Tavares membeberkan saat ini para pemainnya mengalami kelelahan karena baru melakoni pertandingan melawan Kuala Lumpur FC di AFC Cup 2022. Bahkan harus menjalani perjalanan yang cukup panjang.

Baca Juga:

Persib Siap Pecahkan Rekor PSM Makassar

Dewa United FC Vs PSIS, Nil Maizar Waspadai Trio Lawan

"Namun, apa yang kita mau menjadi tim yang bagus, kita harus punya mental yang kuat dan melupakan kelelahan-kelelahan yang memang harus memberikan segalanya ke pertandingan selanjutnya meski tidak terlepas dengan semua jadwal yang kita miliki akan ada risiko yang tinggi untuk pemain-pemain mendapatkan cedera," tuturnya.

Bernardo Tavares berkeinginan menciptakan sejarah bagi PSM. Sebab sejauh ini timnya ini kerap mengalami kesulitan untuk bisa mengalahkan Persib Bandung.

"Saya melihat terakhir kali PSM menang lawan Persib itu tanggal 17 Agustus di tahun 2019. Sudah beberapa tahun lalu. Dan ini bukan menjadi pertandingan yang mudah dan kita akan pergi ke pertandingan dengan motivasi tinggi dengan alasan-alasan tersebut, tentu saja dengan support dan dukungan dari para suporter kita yang akan memenuhi pertandingan besok dan kita bisa mendapatkan hasil yang baik," katanya.

Ia pun berharap wasit pertandingan untuk tidak mudah mengeluarkan kartu kepada PSM Makassar. Sebab di laga sebelumnya, baik saat melawan Bali United, Persija Jakarta maupun Arema FC, timnya dengan mudah mendapatkan kartu kuning.

"Saya bukan meminta untuk wasit memberikan keuntungan-keuntungan atau seperti lebih ke sisinya PSM, tidak. Tapi saya berharap wasit memimpin laga dengan fair, standar yang sama berlaku terhadap kedua tim, tidak lebih memihak ke PSM atau lebih memihak ke tim lainnya. Berharap wasit bisa memimpin laga dengan sebaik-baiknya dan memimpin laga dengan adil dan juga fair dan memimpin laga dengan baik," harapnya.

Pelatih yang mengantongi lisensi UEFA Pro ini akui sejauh ini PSM belum pernah mengalami kekalahan. Dari lima pertandingan yang telah dilakoni, Juku Eja meraih empat kali menang dan satu kali imbang.

"Apapun itu tapi tetap kita kalah di pertandingan terakhir di AFC. Jadi apa yang kita lakukan, kita harus melihat hal ini dengan apa yang kita hadapi di masa kini. Kita tidak bisa melihat ke depan terlalu jauh, ke belakang terlalu jauh, kita persiapkan selangkah demi selangkah apa yang kita harus hadapi yang paling dekat kita harus melihat ke dalam diri kita, ke dalam tim kita memang bekerja mulai dari situ untuk pertandingan yang paling dekat," tegasnya.

Meski demikian, Tavares menyoroti jadwal pertandingan ini. Sebab kedua tim harus bertanding pada malam hari pada pukul 20.00 WIB atau 21.00 WITA.

"Siapapun yang membuat schedule bahwa kita akan bermain jam 9 saya garansi tidak akan nonton di stadion. Jadi beliau-beliau yang membuat jadwal tersebut tidak memikirkan soal passion yang dimiliki oleh suporter-suporter."

"Oke itu memang jam 8 di Jakarta, tapi di sini jam 9 malam dan ini tidak bagus untuk suporter dan belum lagi akan melakukan perjalanan ke Makassar atau ke rumahnya masing-masing. Ditambah lagi pemain yang harus melakukan perjalanan. Jadi orang-orang yang membuat jadwal ini kemungkinan besar tidak pernah menjadi pemain sepak bola ataupun menjadi pelatih sepak bola," sesalnya.

Sementara itu, gelandang PSM Makassar, Akbar Tanjung menyatakan kesiapannya menghadapi Persib. Ia berharap bisa memberikan yang terbaik terutama bagi suporter fanatik timnya dan masyarakat Makassar.

"Kesiapan, kami dan rekan-rekan sangat siap tentunya lawan Persib. Kita tahu Persib banyak pemain bagus dan juga baru merekrut pelatih atau Luis Milla yang pernah melatih timnas Indonesia. Yang pasti rekan-rekan ingin memberikan yang terbaik untuk PSM dan masyarakat PSM," tandasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Psm makassar Persib Bandung Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan