BolaSkor.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menandatangani kerja sama terkait dana pelatnas Olimpiade dan pelatnas jangka panjang dengan tiga cabang olahraga (cabor). Ketiga cabor tersebut adalah bulu tangkis, angkat besi, dan voli.

Acara tersebut berlangsung di Gedung Kemenpora pada Selasa (11/2). Menpora hadir langsung dalam penandatanganan MoU dengan ketiga cabor tersebut.

Sejatinya, terdapat beberapa cabor yang juga mengajukan hal tersebut ke Menpora. Namun, berdasarkan hasil review, baru tiga yang sudah disetujui.

Baca Juga:

Panitia Formula E Diminta Tiru PSSI

Kunjungi Pelatnas PBSI, Menpora Puji Habis Fasilitas

Ketiga cabor tersebut akan menerima bantuan sebesar Rp 31, 913 miliar. Rinciannya adalah Rp 18,618 miliar untuk PBSI (bulu tangkis), Rp 10,008 miliar untuk PABBSI (angkat besi), dan Rp 3,287 miliar untuk PBVSI (voli).

Dalam acara tersebut, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan alasan memilih tiga cabor tersebut. Menurutnya, ketiga cabor sudah melengkapi administrasi yang diminta.

“Kemenpora memverifikasi dan bukan cuma sekali, tetapi berkali-kali. Yang lolos tahap pertama adalah tiga cabor ini. Selamat kepada ketiganya dan yang lain menyusul. Ini soal kepatuhan,” ujar Zainudin Amali.

“Bukan kami menahan, bukan tidak mau memberikan, tetapi kita mau tertib administrasi. Kalau ada yang kurang bisa jadi temuan BPK dan yg bertanggung jawab Kemenpora, kita tidak mau itu terjadi,” imbuhnya.

Nantinya dana akan langsung diberikan oleh Kementerian Keuangan kepada cabor-cabor yang dimaksud tanpa mampir ke Kemenpora. Namun, dana yang diberikan 70 persen dari total anggaran terlebih dulu.