Kemenpora Sebut Tak Pernah Melarang Timnas Indonesia U-19 jika Ingin TC di Korea Selatan

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Jumat, 19 Juni 2020
Kemenpora Sebut Tak Pernah Melarang Timnas Indonesia U-19 jika Ingin TC di Korea Selatan
Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto. (Istimewa)

BolaSkor.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan klarifikasi terkait dengan penyataan PSSI, yang mengharuskan pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 harus digelar di Indonesia. Artinya, melarang melakukan TC di Korea Selatan.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S. Dewa Broto menegaskan Kemenpora hanya memberikan saran kepada PSSI agar TC dilakukan di Indonesia. Namun mereka tidak menutup kemungkinan TC tersebut dilakukan di Korea Selatan.

Seperti diketahui, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ingin membawa Timnas Indonesia Senior dan U-19 TC di Korea Selatan. Pasalnya, kondisi Korea Selatan yang lebih baik dibandingkan di Indonesia dalam penanganan Virus Corona (COVID-19). Namun hal tersebut tidak diamini PSSI.

"Plt Sekjen PSSI (Yunus Nusi) pernah menyampaikan informasi saat berkunjung ke Kemenpora, bahwa Shin Tae-yong ingin membawa Timnas U-19 ke Korea Selatan. Waktu itu jawaban Kemenpora: 'jika bisa, lebih baik di Indonesia, tapi tidak menutup peluang diboyong ke Korea Selatan," kata Gatot dalam keterangan resminya.

Baca Juga:

PSSI Beri Alasan Konkret TC Timnas Indonesia Lebih Baik Digelar di Tanah Air

Jika Shin Tae-yong Tidak Hadir di Jakarta, Program TC Timnas Indonesia Diserahkan ke Asisten Pelatih

Hanya saja, Gatot menjelaskan PSSI harus memberikan sebuah alasan kuat mengapa Timnas Indonesia U-19 harus melakukan TC di Korea Selatan. Namun sampai saat ini PSSI belum memberikan alasan tersebut kepada Kemenpora.

"Perlu diluruskan, bahwa Kemenpora tidak pernah melarang keinginan Shin Tae-yong. Hanya saja, karena PSSI belum memberikan justifikasi alasan mengapa harus ke Korea Selatan, maka dari pada menunggu lama, Kemenpora memutuskan silakan jika Shin Tae-yong ingin memboyong ke Korea Selatan," jelasnya.

"Hanya saja Kemenpora tinggal menunggu justifikasinya, dan jika kesulitan nyusun justifikasi jika sewaktu-waktu diaudit, Kemenpora akan membantu formulasinya," ia menambahkan.

Gatot juga menambahkan bahwa Kemenpora selalu mendukung apapun program yang dibuat oleh Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia. Karena pemerintah ingin sepak bola bisa maju, tapu tetap semua itu harus didasari dengan alasan yang jelas.

"Memang sejauh ini saya belum komunikasi langsung dengan Shin Tae-yong, tapi jika sewaktu-waktu komunikasi atau ketemu, akan disampaikan komitmen Kemenpora bahwa pemerintah Indonesia mendukung Shin Tae-yong dalam mempersiapkan Timnas U-19 sejauh memang tujuannya untuk peningkatan prestasi di Piala Dunia U-20, meningkatkan peringkat FIFA dan mendorong prestasi dan lingkungan sepakbola Indonesia yang lebih baik," pungkasnya.

Pssi Gatot S Dewa Broto Kemenpora Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong
Posts

4.871

Bagikan