BolaSkor.com - Megabintang PSG (Paris Saint-Germain) Lionel Messi tidak lagi membela Barcelona yang sudah diperkuatnya dari kecil kala di La Masia. Pada musim panas 2021 Barca dan Messi berpisah dengan berakhirnya kontrak La Pulga.

Banyak cerita yang dapat dibicarakan selama Messi memperkuat Blaugrana, baik dari kesuksesan hingga masa-masanya di era keemasan klub kala dilatih Pep Guardiola dan Luis Enrique. Tapi salah satu yang paling menarik adalah duelnya dengan Cristiano Ronaldo.

Selama sedekade lebih Messi dan Ronaldo memicu perdebatan dari masing-masing fans mengenai yang terbaik di antara mereka. Ronaldo masih membela Real Madrid dan El Clasico selalu diwarnai drama adu hebat keduanya.

Persaingan keduanya saling memicu satu sama lain untuk mengerahkan segenap kemampuan. Seperti istilah rival di lapangan tapi kawan di luar pertandingan, Messi dan Ronaldo pun demikian.

Baca Juga:

Lionel Messi Ramal Masa Depan Barcelona Asuhan Xavi

Daftar Nomine Penghargaan FIFA 2021: Ronaldo dan Messi Masih Bersaing

Pesan Perpisahan Cristiano Ronaldo untuk Solskjaer

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Diakui oleh Messi masa-masa persaingannya dengan Ronaldo telah berlalu dengan sukses besar keduanya di dunia sepak bola. Messi juga menilai duelnya dengan Ronaldo itu menjadi kenangan indah dan juga hiburan bagi fans.

"Waktu telah berlalu sejak kami berkompetisi di liga yang sama," ucap Lionel Messi kepada Marca.

"Kami tidak hanya berkompetisi di level individu tetapi juga di level tim untuk tujuan yang sama. Itu adalah panggung yang sangat indah bagi kami dan orang-orang karena mereka sangat menikmatinya. Ini adalah kenangan indah yang akan tetap ada dalam sejarah sepak bola."

Cristiano Ronaldo dan Manchester United

Messi (34 tahun) juga mengomentari kembalinya Ronaldo ke Manchester United setelah hengkang dari Juventus. Messi melihat Ronaldo beradaptasi dengan baik di periode kedua - dan juga berbeda - di Man United.

"(Manchester) United adalah tim yang sangat kuat dengan pemain hebat. Cristiano sudah mengenal klub, tapi itu ada di tahap lain dan sekarang dia telah beradaptasi dengan cara yang mengesankan," tambah Messi.

"Sejak awal dia telah mencetak gol seperti biasanya dan tidak memiliki masalah dalam beradaptasi," lanjutnya.

Kendati bermain di PSG dan juga liga berbeda, kapten timnas Argentina itu turut mengomentari kesulitan Man United yang menelan tiga kekalahan beruntun di Premier League dan berujung pemecatan Ole Gunnar Solskjaer.

Messi memiliki keyakinan situasi bisa saja berubah sewaktu-waktu di Premier League, liga yang sangat kompetitif dan sulit. Itu termasuk untuk Man United.

"Di Premier League, (Man United) tidak sebagus yang kita semua pikirkan, tetapi ini adalah kompetisi yang sangat sulit dan bahkan di mana banyak hal berubah. Setelah Desember, banyak perubahan dan apapun bisa terjadi," pungkas Messi.