Kepergian Roberto Firmino Jadi Penanda Akhir Era di Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 04 Maret 2023
Kepergian Roberto Firmino Jadi Penanda Akhir Era di Liverpool
Sadio Mane, Roberto Firmino, Mohamed Salah (Twitter)

BolaSkor.com - Pada akhir musim 2022-2023 Liverpool akan kehilangan kembali pemain senior mereka. Dia adalah penyerang asal Brasil berusia 31 tahun, Roberto Firmino, yang kontraknya akan berakhir dan sudah sepakat untuk berpisah.

Kesepakatan itu disetujui oleh Jurgen Klopp dan juga Liverpool. Singkat kata, akhir perjalanan eks penyerang Hoffenheim dengan The Reds berakhir baik.

"Roberto Firmino akan meninggalkan Liverpool dengan status free transfer di akhir musim - keputusan sudah dibuat," tutur pakar transfer sepak bola Eropa asal Italia, Fabrizio Romano.

"Firmino, berterimakasih kepada Liverpool dan Klopp juga memiliki proposal kontrak (baru) tapi dia memutuskan sekarang saatnya untuk tantangan baru, seperti yang diungkapkan Florian Plettenberg (reporter Sky Sport)."

Baca Juga:

Melawan Kebiasaan, Jurgen Klopp Turut Senang Marcus Rashford Tampil Gemilang

Tinggalkan Liverpool di Akhir Musim, Roberto Firmino Buat Keputusan Tepat

Jurgen Klopp Beri Kode Liverpool Akan Belanja Banyak Pemain

Agen Firmino, Roger Wittman, juga mengonfirmasi kepergian Firmino dari Liverpool setelah delapan tahun bermain untuk klub.

"Firmino akan meninggalkan Liverpool di musim panas (2023), saya dapat mengonfirmasinya. Cara yang bagus untuknya pergi setelah delapan tahun yang fantastis!" ucap Wittman.

Kepergian Firmino merupakan penanda akhir era di Liverpool. Delapan tahun di sana, Firmino pergi dengan titel Piala FA, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Liga, dan terutamanya Premier League yang mengakhiri 30 tahun penantian.

Pandit sepak bola, Darren Ambrose berbicara kepada TalkSPORT mengenai akhir era Liverpool dengan kepergian Firmino yang dinilainya juga sebagai legenda klub.

"Apakah dia pergi sebagai legenda Liverpool? Tentu saja, 100 persen! Untuk seorang pemain yang telah memenangkan banyak trofi, mencetak banyak gol (107 gol) dan sangat berkorban untuk tim," papar Ambrose.

"Dia menyerahkan sebagian dari permainannya untuk membantu (Sadio) Mane dan (Mohamed) Salah. Saya pikir dia adalah kuncinya."

"Ini adalah akhir dari sebuah era di Liverpool. Itu adalah akhir dari sebuah era ketika Mane pergi, sungguh, tapi itu adalah akhir dari sebuah era sekarang karena Firmino juga akan pergi."

"Saya pikir ini kerugian besar. Dia luar biasa untuk klub. Ada tiga level, menurut saya – ikon, legenda, dan pahlawan tak terlihat – dan Firmino, bagi saya, adalah legenda yang pasti di Liverpool."

Di mata fans Liverpool Firmino tidak hanya penyerang biasa karena ia selalu bekerja keras untuk tim, mengejar lawan dan melakukan pressing hingga permainan Liverpool berjalan baik. Klimaksnya terjadi dengan trio Firmansah - bersama Salah dan Mane.

"Jumlah ketiga pemain itu luar biasa. Mereka menjadi trio pada 2017-2018 dan digabungkan untuk menghasilkan 338 gol dan 139 assists yang luar biasa dalam waktu mereka bersama, dan 66 persen dari assist itu adalah untuk satu sama lain!" imbuh Ambrose.

"Tiga pemain depan itu, bisa dibilang tiga pemain depan terbaik yang pernah ada di Premier League!" urainya.

Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.195

Bagikan