BolaSkor.com - Stefano Cugurra mengikuti kursus kepelatihan CBF Pro pada saat yang tepat. Pelatih Bali United itu berada dalam satu kelas bersama pemain legendaris Timnas Brasil, Rogerio Ceni dan Renato Gaucho.

Teco, sapaan akrabnya, baru mengikuti lisensi CBF Pro mulai Desember 2021 lalu. Sebelumnya, Teco memiliki lisensi setara A AFC yang diterbitkan asosiasi pelatih profesional Brasil, ABTF.

Teco terbilang beruntung. Teco bisa merasakan satu kelas bersama nama-nama yang pernah menghuni Timnas Brasil, seperti Rogerio Ceni dan Renato Gaucho.

Baca Juga:

Lakoni Laga Tunda, Persebaya Target Pertahankan Rekor Tak Kalah

Hadapi Bali United, Persebaya Jajal Johan Yoga sebagai Bek

Ceni dikenal sebagai kiper paling produktif di dunia. Dia menyumbang 131 gol untuk Sao Paulo. Dia ikut merasakan gelar Piala Dunia 2002 bersama Timnas Brasil. Kini, Ceni menjabat sebagai pelatih Sao Paulo.

Sementara Renato Gaucho merupakan sosok pemilik 41 caps dan 5 gol bersama Timnas Brasil. Renato menjadi salah satu aktor ketika Brasil menjuarai Copa America 1989. Kini, Renato jadi pelatih Flamengo.

Selain dua nama itu, masih ada Cuca atau Alexi Stival. Dia merupakan salah satu pelatih tersukses di Liga Brasil. Atletico Mineiro dibawanya menjuarai Campeonato Mineiro 2021, Campeonato Brasiliero Serie A 2021 dan Copa do Brasil 2021.

Ada lagi salah satu pelatih sukses lainnya di Brasil, Guto Ferreira. Guto pernah menukangi tim-tim besar Brasil, seperti Internacional, Chapecoense hingga Figueirense. Musim ini, dia menjabat sebagai pelatih Bahia.

"Proses yang bagus dari kursus ini. Saya senang karena di kelas bersama beberapa pelatih di Liga A Brasil, seperti Cuca, Rogerio Ceni, Renato Gaucho, Guto dan beberapa pelatih yang kerja di luar Brasil, seperti saya," kata Teco, Selasa (4/1).

Teco mendapat banyak ilmu tentang taktik yang digunakan para pelatih hebat di Brasil. Hal ini tentu berguna bagi karir kepelatihannya.

"Harapan saya setelah selesai kursus ini bisa lebih banyak pilihan dan variasi di latihan untuk bisa dipakai di Bali United," jelas Teco.

Belum diketahui kapan Teco akan balik ke Indonesia. Sementara ini, Bali United dipimpin pelatih fisik, Yogi Nugraha yang memiliki lisensi kepelatihan A AFC. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)