Ketika Predikat Sunday Rider Beralih dari Valentino Rossi ke Alex Rins

Hendry WibowoHendry Wibowo - Rabu, 08 Mei 2019
Ketika Predikat Sunday Rider Beralih dari Valentino Rossi ke Alex Rins
Alex Rins (Twitter/Suzuki)

BolaSkor.com - Istilah Sunday rider kerap digunakan untuk pembalap yang bisa tampil hebat saat lomba (lomba MotoGP berlangsung hari Minggu) meski memulai lomba bukan dari grid belakang.

Selama ini, predikat Sundar rider selalu jadi milik legenda MotoGP yang masih berlomba hingga saat ini, Valentino Rossi. Namun mulai MotoGP 2019, predikat tersebut sepertinya bakal beralih.

Baca Juga:

Marc Marquez Coba Motor Masa Depan Honda, Ducati dan Yamaha Ketinggalan

Jorge Lorenzo Kecelakaan Dua Kali di Tes MotoGP Jerez

Best Sunday Rider
Perbandingan Statistik Alex Rins dan Valentino Rossi Saat Lomba MotoGP 2019 (as.com)

Adalah fakta pembalap Suzuki, Alex Rins punya catatan lebih bagus ketimbang Rossi perihal memperbaiki posisi saat lomba.

Tercatat dari total empat lomba MotoGP musim ini yang telah berlangsung, Rins sukses memperbaiki peringkat sebanyak 30 posisi. Berbanding milik Rossi yang baru 18 kali.

Artinya rata-rata posisi Rins naik saat lomba per putaran mencapai 7,5. Rinciannya sebagai berikut.

Pada putaran pertama MotoGP Qatar, Rins naik enam posisi setelah start dari urutan sepuluh dan finis keempat. Lalu putaran kedua, MotoGP Argentina, ia naik sebelas posisi.

Pasalnya ia memulai lomba di posisi 16, tapi finis kelima. Putaran ketiga, MotoGP Amerika Serikat, pembalap asal Spanyol ini naik enam posisi. Untuk diketahui, di Austin, ia start dari posisi tujuh dan finis sebagai pemenang.

Terbaru pada MotoGP Spanyol, ia kembali membuat lonjakan fantastis. Dia naik tujuh urutan setelah start dari urutan sembilan dan mengakhiri lomba dengan naik podium kedua.

Berkat pencapaian di atas, Rins kini menempati posisi kedua klasemen dan hanya tertinggal satu poin dari Marc Marquez di urutan pertama.

Predikat Sunday rider memang punya nilai minus. Karena pembalap dituntut punya performa lebih bagus saat kualifikasi agar memulai lomba dari baris depan.

Namun fakta Rins kini masuk jajaran Sunday rider, seperti kata Marquez, rekan setim Joan Mir itu memang sudah layak ditahbiskan sebagai kandidat kuat juara dunia musim ini.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com

Alex Rins Valentino Rossi Breaking News MotoGP 2019
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan