Ketua APSSI Yeyen Tumena Kritik Sikap Shin Tae-yong

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 24 Juni 2020
Ketua APSSI Yeyen Tumena Kritik Sikap Shin Tae-yong
Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena meminta manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong patuh kepada PSSI. Menurut Yeyen, Shin Tae-yong ini sudah terikat kontrak dengan PSSI.

Hal ini merespons persoalan PSSI dengan manajer pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong mengkritik PSSI melalui wawancara dengan media Korsel, Joins, sebelum munculnya respons.

Pelatih asal Korea Seelatan itu menilai bahwa PSSI tidak seperti sebelumnya, yang mendukung program miliknya. Ia juga heran dengan penunjukkan Indra Sjafri sebagai Direktur Teknik, sebelum ditanggapi eks pelatih Timnas Indonesia U-19 dan U-23 itu.

Baca Juga:

Park Hang-seo Mulai Cari Pemain di Kejuaraan U-19 untuk Perkuat Timnas Vietnam di SEA Games 2021

Segrup di Piala Asia U-19, Iran Enggan Anggap Enteng Timnas Indonesia U-19

Menurut Yeyen, hal yang dilakukan Shin Tae-yong kurang elok. Menurutnya, bagaimanapun PSSI adalah pemberi kerja kepada Shin Tae-yong sebagaimana dia menerima upah.

"Ketika pelatih sudah menandatangani kontrak dengan klub atau federasi, dia sudah menjadi karyawan yang berhak mendapat upah atas hasil kerjanya yang telah disepakati bersama," kata Yeyen.

"Apakah sebagai karyawan yang bekerja untuk PSSI, Shin Tae-yong boleh mengomentari keputusan PSSI menunjuk pelatih lokal untuk mendampinginya? Atau putusan PSSI tunjuk orang jadi direktur teknik dikomentari? Saya di sini bicara aspek pengelolaan dan hak PSSI ya, bukan personal yang ditunjuk," tambahnya.

Yeyen Tumena berharap Shin bekerja sesuai dengan perjanjian kontrak dan segera menjalin kerja sama yang baik dengan PSSI, karena ini menyangkut dengan persiapan Timnas Indonesia baik itu senior maupun U-19.

"Sebagai pelatih Timnas Indonesia, tentu dia harus berkomunikasi dengan baik juga sama direktur teknik terkait program kerja. Di mana-mana juga begitu. Entah itu program disetujui atau tidak, lain cerita. Silahkan bahas di internal, jangan lewat media massa," pungkas Yeyen.

Timnas indonesia u-20 Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong Yeyen tumena APSSI
Posts

4.871

Bagikan