Ketua NOC Indonesia Motivasi Cabor Balap Sepeda, Olimpiade Jadi Target ke Depan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 17 Mei 2022
Ketua NOC Indonesia Motivasi Cabor Balap Sepeda, Olimpiade Jadi Target ke Depan
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari bersama CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono. (NOC Indonesia/Naif Al'As)

BolaSkor.com - Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengapresiasi pencapaian tim Cycling MTB Cross-Country Olympic yang sejauh ini berhasil mempersembahkan satu medali emas dan satu perak di SEA Games 2021 Vietnam.

Medali emas dipersembahkan oleh Zainal Fanani dan perak direbut Ihza Muhammad di nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra.

Zainal jadi yang tercepat setelah mencatatkan waktu 1 jam 16,41 menit. Sementara itu, Ihza Muhammad finis di urutan kedua setelah melibas empat lap trek sejauh 5,2 KM (total 20,8 KM) dengan catatan waktu 1 jam 19,14 menit atau terpaut 2 menit 33 detik dari Fanani.

Pencapaian itu melengkapi torehan yang diraih lebih dahulu. Tim Cycling MTB berhasil menyabet medali emas dari nomor Women's Mountain Bike Downhill Individual lewat Tiara Prastika Andini, sementara medali perak diperoleh Andy Prayoga dari nomor Men's Mountain Bike Downhill Individual.

Baca Juga:

NOC Indonesia Sepakat Standar SEA Games ke Depan Harus Ditingkatkan

Masuki Setengah Jalan SEA Games 2021, CdM Fokus Kawal Kontingen Indonesia

Raja Sapta Oktohari berharap PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia) yang dipimpin Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, terus membina para atletnya supaya mendapatkan prestasi lebih tinggi, misalnya di Asian Games bahkan Olimpiade.

"Jadi kalau dahulu SEA Games itu dianggap sebagai target, SEA Games (2021) ini sebagai target antara, contoh paling gampang dan dekat adalah PB ISSI. PB ISSI tidak boleh puas dengan hasil SEA Games kali ini karena yang paling penting bagaimana caranya bisa kualifikasi ke Olimpiade, ini PR (pekerjaan rumah) masih panjang, SEA Games bisa jadi batu loncatan," kata Raja Sapta Oktohari.

Raja Sapta Oktohari bersyukur keinginannya dalam meningkatkan prestasi cabor-cabor di Tanah Air mendapat dukungan dari Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

"Saya komunikasi dengan Menpora, cukup panjang. Kami sepakat bahwa melalui SEA Games dan event lain kita bisa melakukan evaluasi terhadap pembinaan yang dilakukan oleh cabor. Sekarang mekanisme anggaran langsung dari pemerintah ke cabor sehingga evaluasinya spesifik, apakah cabor itu serius melakukan pembinaan prestasi dan nomor-nomornya pun spesifik."

"Di sini banyak cabor yang ikut dalam pertandingan dan hasilnya juga kelihatan sehingga dari situ bisa kita analisa apa yang perlu ditambah dan dimaksimalkan," pungkas Raja Sapta Oktohari.

Sepeda Kontingen Indonesia Tim Indonesia Raja Sapta Oktohari SEA GAMES SEA Games 2021 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.307

Bagikan