Kompetisi Harus Kembali Bergulir, Klub Liga 1 Kritik Keras Rekomendasi Komnas HAM

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 08 November 2022
Kompetisi Harus Kembali Bergulir, Klub Liga 1 Kritik Keras Rekomendasi Komnas HAM
Madura United Vs Persib Bandung. (LIB)

BolaSkor.com - Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, mengkritik rekomendasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM yang meminta supaya PSSI membekukan seluruh aktivitas sepak bola termasuk kompetisi pasca tragedi kerusuhan yang merenggut 135 korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 1 Oktober 2022 lalu.

Komnas HAM beralasan rekomendasi itu diberikan supaya PSSI punya waktu leluasa untuk melakukan sertifikasi kepada perangkat pertandingan. Baik itu security officer, panitia pelaksana (panpel) atau pada perangkat pertandingan lainnya.

Namun, pernyataan tersebut justru dinilai tidak tepat. Menurut Achsanul, Komnas HAM seharusnya memberikan masukan yang berkaitan dengan pemenuhan hak suporter atau penonton saat menyaksikan tim kesayangannya.

"Dia (Komnas HAM) tidak melihat dari perspektif bagaimana sepak bola ini bisa bergulir kembali. Dia tidak punya pertimbangan itu sama sekali," kata Achsanul dalam keterangannya.

Baca Juga:

Minta Bekukan Sepak Bola, Komisaris Persib Sebut Komnas HAM Gegabah

PT LIB Sampaikan 3 Opsi Tanggal Lanjutan Liga 1 Musim Ini

Luis Milla Rasakan Berlatih di Stadion Bersejarah Persib

"Komnas HAM mestinya merekomendasikan, misalnya, demi keamanan penonton maka dalam menggelar kompetisi sepak bola harus memperhatikan apakah itu jam tayangnya atau instrumen-instrumen lain. Bukan sepak bolanya."

"Kalau begini bisa dibilang Komnas HAM agak offside lah," tutur pria yang akrab disapa AQ itu.

Kritik terhadap Komnas HAM juga disampaikan oleh Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Umuh Muchtar. Umuh menilai pernyataan yang dilontarkan Komnas HAM gegabah bahkan berbahaya.

"Itu gegabah ya, bahaya. Ini semua orang pecinta sepak bola Indonesia, makanya hampir 70-80 persen dan ini tempat hiburan masyarakat bawah dan menengah atas juga," ujar Umuh Muchtar, Sabtu (5/11).

Pria berkumis tebal ini mengatakan sepak bola itu bisa mempersatukan bangsa. Bahkan bisa menjadi ajang silaturahmi.

"Kalau sampai dibekukan terus nanti dibekukan terus siapa yang membekukan dari FIFA kan pasti nanya, jangan lah. Kalau dibekukan nanti FIFA turun (kemudian PSSI) di-banned 8 tahun. Mau jadi apa, nangis semua," tuturnya.

Madura united Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.301

Bagikan