Komunikasi Shin Tae-yong dengan Thomas Doll Masih Alot, Baru Capai Satu Kesepakatan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 08 Februari 2023
Komunikasi Shin Tae-yong dengan Thomas Doll Masih Alot, Baru Capai Satu Kesepakatan
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Komunikasi antara pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong dan arsitek Persija Jakarta Thomas Doll masih cukup alot. Keduanya baru menyepakati satu hal.

Shin Tae-yong dan Thomas Doll sempat berbalas kritikan melalui media terkait program pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia U-20. PSSI melalui Direktur Teknik Indra Sjafri akhirnya memfasilitasi pihak Persija dan Shin Tae-yong untuk berkomunikasi.

Pertemuan itu pun akhirnya bisa digelar meski secara virtual pada Selasa (7/2) siang WIB. Persija diwakili oleh pelatih Thomas Doll dan Wakil Presiden Ganesha Putera, sementara Shin Tae-yong mendelegasikannya kepada salah satu asistennya, Nova Arianto.

Dalam kesempatan itu, perwakilan Persija dan Nova Arianto masing-masing memberikan opsi terkait pemanggilan pemain ke pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia U-20 yang sedang berlangsung di Jakarta. Dari beberapa opsi itu, baru satu yang sudah disepakati bersama.

Opsi yang disepakati adalah Shin Tae-yong akan mengizinkan Cahya Supriadi (kiper) untuk bergabung dengan Persija, setiap satu hari sebelum tim Macan Kemayoran bertanding. Selain Cahya, ada delapan pemain Persija yang dipanggil ke TC persiapan Piala Asia U-20 (1-18 Maret) dan Piala Dunia U-20 (20 Mei-11 Juni) itu.

Kedelapan pemain itu di antaranya Barnabas Sobor, Frengky Missa, Achmad Maulana Syarif, Resa Aditya Nugraha, dan Ginanjar Wahyu Ramadhani. Lalu ada Muhammad Ferarri, Doni Tri Pamungkas, dan Alfriyanto Nico Saputro.

Baca Juga:

Sembilan Pemain Dipanggil, Persija Adakan Pertemuan dengan Tim Pelatih Timnas U-20

Mangkir TC Timnas U-20, Madura United Buka Suara Transfer Ronaldo Kwateh ke Eropa

Shin Tae-yong Dukung Indra Sjafri Tangani Timnas U-23 SEA Games 2023 Kamboja

Dari nama-nama di atas, baru Barnabas, Frengky, Achmad Maulana, Resa dan Ginanjar yang sudah bergabung dengan Timnas Indonesia U-20. Sedangkan Cahya, Ferarri, Doni dan Nico belum tampak batang hidungnya sampai Rabu (8/2) siang.

"Kemarin coach Nova (asisten Shin Tae-yong) meeting dengan pelatih Persija (Thomas Doll). Ada beberapa opsi yang kita dan mereka berikan," kata Shin Tae-yong.

"Mereka meminta kiper Cahya (Supriadi) dilepas dari timnas ketika ada pertandingan H-1. Kami bisa mengerti karena kiper nomor dua enggak ada di Persija. Oke. Itu disetujui," tutur Shin Tae-yong menambahkan.

Meski demikian, Shin Tae-yong belum tahu kapan Persija melepas sisa pemainnya ke TC Timnas Indonesia U-20, seperti Ferarri, Doni, dan Nico. Padahal pekan depan rencananya Timnas Indonesia U-20 akan berpartispasi dalam turnamen mini yang diikuti tim-tim peserta Piala Dunia U-20 2023, seperti Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika.

Turnamen itu rencananya berlangsung di Jakarta pada 17-22 Februari atau sebelum Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan berlangsung. Kejuaraan paling akbar di Asia untuk kelompok tim nasional U-20 itu digelar mulai 1 sampai 18 Maret.

"Saya bisa mengerti pihak klub seperti apa. Mereka ingin juara dan ingin menang juga di Liga. Tapi ini proyek negara, Piala Dunia U-20. Ini harus sama-sama kita bantu dan harus bisa mengorbankan diri untuk itu," ujar Shin Tae-yong.

"Apalagi sebentar lagi ada turnamen mini di Jakarta, tapi sampai saat ini Persija belum melepas (semua) pemainnya. Jadi saya kurang mengerti kenapa dan sedikit kecewa dengan situasi ini," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Timnas indonesia u-20 Persija jakarta Shin Tae-yong Thomas Doll Tc timnas Piala Asia U-20 Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.307

Bagikan