BolaSkor.com - Newcastle United tampak ingin mengikuti jejak kesuksesan Manchester City dalam mengejar kesuksesan instan di dunia sepak bola modern. The Magpies, dikabarkan oleh Guardian, akan diakuisisi oleh konsorsium Timur Tengah.

Newcastle mengonfirmasi adanya pembicaraan soal penjualan 350 juta poundsterling saham besar klub kepada pengusaha asal Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Khaled bin Zayed Al Nahyan. Mike Ashley, Presiden Newcastle saat ini, siap menjual Newcastle.

Midhat Kidwai, Direktur dari Perusahaan Sheikh Khaled, mengonfirmasi pembicaraan tersebut dan mengakui perwakilannya akan dengan senang hati mengambilalih Newcastle, klub yang bersejarah dan populer di Inggris.

Baca Juga:

Jangan Bingung, Mengenal 7 Aturan Baru Premier League 2019-2020

Soal FFP, UEFA Jamin Akan Bersikap Adil pada Manchester City

Mike Ashley

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa perwakilan Sheikh Khaled tengah berdiskusi dengan Mike Ashley dan timnya mengenai proposal akuisisi Newcastle United," tutur Kidwai.

"Kami melihatnya sebagai sebuah kehormatan untuk memiliki kesempatan untuk membangun dukungan yang kuat, sejarah, dan tradisi klub. Kami telah mencapai kata sepakat dan tengah bekerja keras menyelesaikan transaksi di awal kesempatan."

Sheikh Khaled tinggal di Dubai dan ia saudara sepupu dari pemilik Manchester City, Sheikh Mansour. Fakta itu menjadi hadangan bagi Khaled jika ingin membeli Newcastle karena keduanya akan menjadi rival di Premier League.

Selain itu juga, Khaled dan timnya akan menghadapi tantangan lainnya berupa tes (dalam bentuk wawancara) dengan pemilik dan juga direkrur-direktur Premier League. Proses masih cukup panjang sebelum Khaled benar berhasil mengakuisisi Newcastle.

Kendati demikian, Khaled kabarnya akan tetap mempertahankan Rafael Benitez jika sukses membeli Newcastle. Berbeda dengan Ashley, Khaled berjanji akan memberikan banyak uang transfer kepada Benitez untuk membeli pemain yang diinginkannya.

Sheikh Khaled

Andai Khaled benar membeli Newcastle maka ada kemungkinan klub akan mengalami revolusi seperti Man City di tahun 2008. Newcastle bisa kembali bersaing di papan atas klasemen dengan kekuatan uang mereka.

"Ketika City diambilalih saya berkata butuh waktu lima tahun untuk mereka memenangi Premier League - ternyata empat tahun. Ini serius untuk Newcastle," tutur jurnalis asal Inggris, Rob Blanchette di @_Rob_B.

"Mereka akan bersaing di empat besar dalam waktu empat bursa transfer. Mereka klub yang jauh lebih besar dari City dan mereka bisa memenangi Premier League."

Proses masih panjang bagi Newcastle sebelum diakuisi pemilik baru. Tapi, kans itu ada karena Ashley sudah menjual saham terbesar Newcastle selama 12 tahun terakhir tanpa ada peminat serius.
Sheikh Khaled bisa saja memimpin Newcastle pada kebangkitan tim yang dahulu pernah ditakuti ketika diperkuat Alan Shearer, Les Ferdinand, Peter Beardsley, dan David Ginola.