Kontribusi yang Dapat Diberikan Memphis Depay di Lini Serang Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 16 Juli 2021
Kontribusi yang Dapat Diberikan Memphis Depay di Lini Serang Barcelona
Memphis Depay (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona masih berusaha menjaga keuangan tetap stabil di tengah pandemi virus corona dengan menjual sejumlah pemain. Blaugrana telah melakukannya kala melepas Jean Clair Todibo, Carles Alena, dan Junior Firpo.

Pemotongan gaji pemain juga menjadi solusi untuk klub yang coba memperpanjang kontrak Lionel Messi, plus telah merekrut Sergio Aguero, Memphis Depay, dan Eric Garcia gratis karena kontraknya berakhir dengan klubnya masing-masing sebelumnya.

Di antara mereka Memphis Depay cukup menarik perhatian. Depay bersama Georginio Wijnaldum diincar Barca sejak musim panas lalu karena keinginan sang pelatih, Ronald Koeman, tapi hanya Depay yang datang karena Wijnaldum memilih pergi ke PSG (Paris Saint-Germain).

Baca Juga:

Menyambut Trio Baru Barcelona: Messi-Aguero-Depay

4 Alasan Barcelona Tepat Rekrut Memphis Depay

Bertahan di Barcelona hingga 2026, Lionel Messi Rela Gajinya Dipotong

Memphis Depay

Barcelona bisa jadi kesempatan kedua untuk Memphis Depay membuktikan kualitas yang dimilikinya, sebab kariernya sempat tenggelam kala memperkuat Manchester United (2015-2017) dan membaik kala membela Olympique Lyonnais (2017-2021).

Produk akademi PSV Eindhoven bukan penyerang sentral murni tapi dengan gaya mainnya, pemain berusia 27 tahun dapat membantu Barcelona dengan cara berbeda.

Membuka Ruang, Pergerakan Tanpa Bola, Visi Bermain

Jangan menilik kualitas Depay dari jumlah gol yang dimilikinya, meski pada musim 2014-2015 Depay menjadi top skorer di Eredivisie dengan 22 gol dan membantu klub juara liga.

Salah satu aspek terbaik pada permainan Depay, menilik dari analisis MBP School of Coaches, adalah pergerakan tanpa bola. Depay bisa dengan cerdik mengecoh lawan yang menjaganya dengan bergerak mencari ruang. Dengan pergerakannya itu ia membuka jalan rekan setimnya untuk bergerak menuju pertahanan lawan.

Depay juga jeli melihat celah yang dapat dimanfaatkan di pertahanan lawan. Dalam hal ini ia seperti halnya striker Leicester City, Jamie Vardy yang menyerang ruang kosong di pertahanan lawan (di antara bek).

Memphis Depay bergerak memanfaatkan celah di pertahanan lawan

Permainan itu berisiko sering offside, tetapi jika jeli melihat waktu penempatan untuk berlari dan menerima bola dari rekan setim, maka permainan itu akan efisien dan menjadi serangan langsung yang membahayakan lawan serta langsung berhadapan satu lawan satu dengan kiper.

Satu lagi yang tak kalah bagus adalah pergerakan Depay kala menjemput bola. Saat ia melakukannya, membalikkan badan usai mendapatkan bola, visi bermain Depay menentukan ke arah mana ia bergerak atau momen untuk mengoper bola kepada rekan setim.

Selain membantu mengalirkan bola dalam fase ofensif, Depay juga menunjukkan kualitas menyerangnya dengan berlari dari lini kedua. Peran itu acapkali dijalani oleh penyerang kedua atau gelandang serang.

Memphis Depay juga bisa turun menjemput bola

Terakhir, dari pemain serba bisa itu adalah kemampuan menyelesaikan peluang yang semakin terasah di usia 27 tahun. Depay dapat mengambil tendangan bebas dan juga memiliki penyelesaian akhir yang lebih baik ketimbang saat membela MU.

Kesimpulannya, Depay memberikan warna baru dalam permainan Barca di sepertiga akhir pertahanan lawan. Bersama Messi (jika bertahan) dan Aguero di sisinya pada lini depan Barcelona, Koeman memiliki banyak opsi untuk dimainkan.

Breaking News LaLiga Barcelona FC Barcelona Memphis Depay
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan