BolaSkor.com - Prestasi Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, bisa dibilang jauh dari kata baik. Ini terlihat dari dua laga di awal bermain di kandang, Skuat Garuda harus takluk 2-3 dari Malaysia dan kalah 0-3 dari Thailand.

Melihat performa tersebut, banyak yang mengkritik strategi yang diterapkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. Bahkan salah satu Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi menyebutkan pelatih asal Skotlandia ini lamban dalam membaca strategi.

Maka dari itu, Exco PSSI ingin melakukan evaluasi untuk mantan pelatih Bhayangkara FC ini. Bahkan tidak segan-segan, Yunus Nusi ingin Simon McMenemy dipecat dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia.

Baca Juga:

Exco PSSI Usulkan Simon McMenemy Dipecat dari Pelatih Timnas Indonesia

Akira Nishino Sebut Tiga Pemain Ini Jadi Kunci Sukses Thailand Hancurkan Timnas Indonesia

Yunus ingin yang melatih Timnas Indonesia adalah pelatih lokal. Karena banyak pelatih lokal yang menurutnya punya kualitas bagus dan sudah mengerti kultur dari sepak bola Indonesia itu sendiri.

"Sudah lah yang lokal-lokal saja dulu, karena banyak pelatih lokal yang punya kualitas bagus. Ada Rahmad Darmawan. Kita pakai lokal juga sama saja," kata Yunus Nusi kepada BolaSkor.com.

"Saya lihat mereka juga lisensi sudah bagus, sudah AFC Pro. Pengalaman jelas sudah ada untuk menangani sepak bola Indonesia. Jadi coba optimalkan talenta yang ada," tambahnya.

Saat ini, Timnas Indonesia terpuruk di juru kunci klasemen sementara Grup G babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Dari dua pertandingan, Skuat Garuda belum dapat poin dan sudah kebobolan enam gol.

Reporter Hadi Febriansyah