BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan fisik pemain Timnas Indonesia U-19 masih lemah. Bermain hanya 20 menit, para pemain Skuat Garuda Muda ngos-ngosan.

Penjelasan ini dikemukakan Shin Tae-yong saat pemaparan hasil evaluasi Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-19. Pemaparan ini dihadapan Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria.

Dalam skala detail, Shin Tae-yong menjelaskan nama, posisi, statistik, riwayat cedera, serta komentar spesifik atas pemain itu.

Sebelumnya, Shin Tae-yong sudah menggelar pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Cikarang dan Chang Mai, Thailand, Januari 2020 kemarin. Dalam TC di Chang Mai, Timnas Indonesia U-19 menggelar lima kali uji coba.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Posesif soal Fisik dan Pola Makan Pemain Timnas Indonesia

Antisipasi Virus Corona, Tiga Laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Resmi Ditunda

Hasilnya, hanya sekali kemenangan dan sisanya berakhir dengan kekalahan. Rinciannya, Timnas Indonesia U-19 menang 2-1 atas Kyung Hee University, kalah dari Busan IPark 1-5, 0-2 dari Kyung Hee University, lalu 0-4 dan 1-4 dari Seongnam FC.

"Kalau dilihat skornya, memang banyak kebobolan. Tapi, dalam kondisi pemain letih, baru selesai liga, seharusnya malah kebobolannya bisa lebih banyak lagi," kata Shin Tae-yong, dalam rilis PSSI yang diterima BolaSkor.com.

"Secara fisik sangat kurang. Setelah menit ke-20, para pemain terlihat capai. Karena itu, di Chiang Mai, kami berkonsentrasi meningkatkan kemampuan fisik," kata mantan pemain timnas Korea Selatan itu.

Secara keseluruhan, Shin Tae-yong meminta pembenahan total di dua bagian, yakni masalah fisik dan mental pemain.

"Kalau dua hal itu dibenahi dengan benar, pasti sepak bola Indonesia akan berkembang sangat baik," kata pelatih berusia 50 tahun itu.