Lewat Surat Terbuka, Premier League Desak Pemerintah Inggris Izinkan Penonton ke Stadion

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 07 Oktober 2020
Lewat Surat Terbuka, Premier League Desak Pemerintah Inggris Izinkan Penonton ke Stadion
Premier League (Twitter)

BolaSkor.com - Aksi nyata mulai ditunjukkan Premier League untuk segera mengembalikan penonton ke stadion. Operator kompetisi kasta tertinggi Inggris tersebut baru saja mengirim surat terbuka ke pemerintah.

Rencana Premier League mengembalikan penonton ke stadion pada 1 Oktober lalu memang gagal total. Hal itu terjadi usai pemerintah Inggris memperpanjang aturan social distancing.

Masalahnya, ada peluang aturan pembatasan jarak ini berlangsung dalam jangka panjang bahkan sampai tahun depan. Itu artinya penonton bisa dilarang datang ke stadion selama satu musim penuh.

Baca Juga:

Rangkuman Transfer Lengkap Premier League 2020-2021

Tottenham Hotspur Menakutkan, Bisa Jadi Juara Musim Ini

Edinson Cavani dan Riwayat Cederanya

Seluruh operator kompetisi sepak bola Inggris menuntut pembukaan stadion untuk penonton.

Premier League sadar hal itu akan berdampak negatif kepada kompetisi. Klub-klub peserta bisa menelan kerugian dalam jumlah fantastis karena tak dapat pemasukan dari penjualan tiket.

Padahal liga-liga lain mulai berancang-ancang mengembalikan penonton ke stadion. Bundesliga bahkan sudah melakukan hal itu meski jumlah penonton yang hadir ke stadion dibatasi.

"Kami akan terus mendesak Pemerintah untuk mengizinkan kami mengembalikan penggemar dengan selamat ke stadion. Ini adalah kemajuan positif bahwa tempat seni dan musik utama telah diberitahu bahwa mereka dapat menyelenggarakan acara yang berjarak secara sosial di dalam ruangan," bunyi surat terbuka Premier League.

"Dan sekarang sepak bola harus diizinkan untuk melakukan hal yang sama di lingkungan luar ruangan yang sangat diatur dan dijaga."

Premier League merasa sepak bola Inggris sudah siap membuka kembali stadion untuk penonton. Sebanyak 11 pertandingan uji coba sebelum kompetisi dimulai dijadikan sarana untuk menguji protokol kesehatan untuk suporter.

Selain itu, mereka yakin kembalinya penonton ke stadion akan memberikan dampak positif secara nasional. Salah satunya adalah kebangkitan perekonomian yang hancur lebur selama masa pandemi.

“Semakin cepat penonton kembali, semakin cepat kami dapat menyatukan kembali masyarakat dan mendukung pekerjaan, mata pencaharian, bisnis daerah, dan juga ekonomi nasional," tambah pernyataan tersebut.

Surat terbuka ini sebenarnya bukan permintaan tunggal Premier League. Operator kompetisi sepak bola lain seperti EFL, Liga Super Wanita dan Championship Wanita juga turut serta.

Belum diketahui respons pemerintah Inggris terkait tuntutan ini. Namun sulit rasanya permintaan tersebut dikabulkan dalam waktu dekat karena dalam 24 jam teakhir saja ada penambahan 14.542 kasus positif virus corona.

Premier League Virus Corona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan