BolaSkor.com – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri, menegaskan alat bantu komunikasi untuk wasit sudah bisa digunakan secara keseluruhan pada pekan ketiga Liga 1 2020.

Sebelumnya, alat bantu komunikasi ini memang belum sepenuhnya para wasit menggunakannya. Baru beberapa wasit saja yang menggunakan alat tersebut, salah satunya ialah wasit Thoriq Alkatiri.

Cucu beralasan mengapa para wasit belum bisa menggunakan alat tersebut. Menurutnya, karena distribusinnya terhenti di Belanda.

PT LIB Berencana Majukan Jadwal Liga 1 2020 untuk Mengisi Kekosongan FIFA Matchday

PT LIB Potong Subsidi 5 Klub Liga 2 yang Tunggak Gaji Pemain

Oke, kemarin tertahan di Belanda karena masalah Virus Corona. Tapi, kemaren saya sudah tanda tangan dokumen pengambilannya. Sekarang sudah bisa diambil di bea cukai,” kata Cucu Somantri saat ditemui di Kemenpora, Jumat (13/3).

“Harusnya bisa dipakai kalau sudah diambil, pada pekan ketiga ini. Tapi kemarin itu sudah cukup untuk wasit di Liga 1, kalau tidak salah ada sekitar 20 set dan itu cukup mahal sekitar 250 dolar,” tambah pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI itu.

PT LIB memang sedang melakukan pembenahan dari segi wasit pada Liga 1 2020. Karena wasit sosok yang sangat vital pada sepak bola.

“Nantinya alat itu akan ada lima pada setiap pertandingannya. Ada wasit yang pakai, asisten wasit, dan terkahir ada match comissioner yang juga menggunakan itu, supaya tidak ada yang main-main nanti,” pungkasnya.