BolaSkor.com - Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 tidak menutup kemungkinan dengan penonton langsung di stadion. Hal ini seperti disampaikan Deputi II Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah.

Ia menyarankan untuk tahap awal kompetisi digelar tanpa penonton. Sama seperti Piala Menpora 2021 yang sebelumnya digelar sekaligus menjadi simulasi.

"Pembelajaran dari Piala Menpora yang berjalan sukses. Namun tentunya hal-hal yang perlu dievaluasi, harus ditingkatkan lagi."

Baca Juga:

Tidak Ada Pencoretan Pemain Lokal dan Asing di Persib

Polri: Izin Liga 1 dan Liga 2 2021 Keluar pada 27 Mei

"Satgas penanganan Covid nasional mendukung penuh dengan syarat protokol kesehatan ketat dijalankan, bagaimana turnamen lalu tanpa penonton, kita coba lagi," kata Harmensyah.

Namun sebelum kehadiran suporter di stadion, evaluasi perlu dilakukan lebih dulu. Ini perlu agar Liga 1 dan Liga 2 tidak menimbulkan penyebaran.

"Tahap berikutnya tidak tertutup adanya penonton tapi tetap dalam prokes ketat sehingga penyebaran Covid tidak terjadi seperti di negara lain."

Liga 1 2021 rencananya digelar mulai di antara 3-7 Juli dan berakhir Maret 2022. Sementara Liga 2 dimulai 14 hari setelah start Liga 1 dan direncanakan rampung Desember 2021.