Liga 1 Direncanakan Tetap dengan Format Kandang dan Tandang, Pertandingan Malam Masih Ada

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 16 November 2022
Liga 1 Direncanakan Tetap dengan Format Kandang dan Tandang, Pertandingan Malam Masih Ada
Abdulla Yusuf Helal terlihat kesakitan usai dilanggar pemain Persita Tangerang. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) berencana menggulirkan lanjutan Liga 1 musim ini tetap dengan format kandang dan tandang. Untuk merealisasikannya, PT LIB berharap Liga 1 bisa dilanjutkan mulai 2 Desember 2022.

"Kalau 2 Desember mulai, Liga 1 bisa selesai 16 April dengan home and away. Tapi tergantung izin saja (dari pemerintah)," kata Komisaris Utama PT LIB, Juni A Rachman.

Juni menjelaskan bahwa PT LIB belum secara pasti menentukan format lanjutan Liga 1, termasuk tanggal kick off-nya, karena belum mendapatkan izin dari otoritas terkait, termasuk pemerintah dan kepolisian.

Meski demikian, kata Juni, menggulirkan lanjutan Liga 1 dengan format normal yaitu home and away bukan tanpa risiko.

Satu di antaranya klub akan dihadapkan dengan jadwal yang cukup padat karena kompetisi harus selesai sebelum Piala Dunia U-20 2023 berlangsung. Turnamen akbar yang dihelat di Indonesia itu digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

"Recovery klub setiap pertandingan paling hanya 4-5 hari," ujar Juni.

Baca Juga:

Soal Lanjutan Liga 1, Ferry Paulus: Paling Realistis Mulai 2 Desember

Stadion yang Layak Helat Liga 1 Bertambah Jadi 16, Kini Ada JIS dan Indomilk Arena

Demi mencapai target itu, PT LIB menyebut Liga 1 akan tetap digelar saat Piala AFF 2022 berlangsung pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Padahal biasanya kompetisi Liga 1 selalu dihentikan untuk sementara ketika Piala AFF bergulir karena banyak pemain dari berbagai klub yang dipanggil ke tim nasional.

"Karena Piala AFF tidak masuk kalender FIFA," tutur Juni.

Di sisi lain, Juni juga menyebut kalau Liga 1 masih akan menggelar pertandingan malam hari. Sebelumnya, banyak pihak meminta kepada PSSI dan PT LIB supaya tidak ada lagi pertandingan yang digelar malam hari, termasuk FIFA.

Dalam surat yang dikirimkan FIFA ke Presiden Joko Widodo, badan tertinggi sepak bola dunia itu meminta pertandingan Liga 1 berlangsung maksimal mulai pukul 17.00 WIB.

"Liga 1 tetap main malam, tapi tidak larut malam. Karena di dunia mana pun, Liga pasti main malam." ujar Juni.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.369

Bagikan