BolaSkor.com - Arema FC tak bisa leluasa dalam bergerak, jelang kontrak sejumlah pemainnya usai awal tahun ini. Ketidakpastian segala hal terkait lanjutan kompetisi Liga 1 2020/2021 menjadi penyebabnya.

Skuat Arema FC sendiri menyisakan 24 pemain untuk saat ini, yang sebagian besar diantaranya pemain lokal. Sedangkan dua sisanya adalah pemain asing asal Brasil, yaitu Caio Ruan Lino de Freitas dan Bruno Smith Nogueira Camargo.

"Untuk pemain lokal, rata-rata kontraknya selesai pada Januari dan Februari (2021). Sementara dua pemain asing berakhir Maret," ucap General manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Baca Juga:

Arema FC Tuntut Satu Hal jika Liga 1 2020 Dihentikan

Empat Tantangan Berat Arema FC Selama Liga 1 Terhenti

Situasi ini pun membuat klub cukup dilematis. Di satu sisi, pihak klub sudah berancang-ancang menyiapkan draft kelanjutan kontrak kerja mereka hingga satu musim ke depan.

Namun, ketidakpastian status kompetisi membuat tim Singo Edan gamang terhadap rencana itu. Dikhawatirkan, situasi yang serba tidak jelas ini tetap berlanjut ketika klub terlanjur memperpanjang kontrak pemain.

"Sekarang, tinggal bagaimana PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru. Apakah pemain berstatus bebas kontrak," ungkap Ruddy.

"Atau diperpanjang. Tapi dengan (menyesuaikan) situasi pandemi saat ini," tambahnya.

Pihaknya juga mengkhawatirkan, akan terjadi persaingan kurang sehat diantara klub nantinya. Aksi saling bajak pemain bebas kontrak bisa saja terjadi, bergantung dengan tingkat finansial masing-masing klub. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)