BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menginformasikan batas pendaftaran pemain untuk para klub Liga 2 2021. Tak hanya itu, LIB juga menginformasikan pelatih untuk klub Liga 2 2021 harus berlisensi B AFC.

PT LIB sudah menggelar managers meeting virtual bersama 24 klub Liga 2 2021, Kamis (16/9). Ada beberapa keputusan yang disetujui dalam agenda tersebut.

Pertama soal persetujuan tuan rumah yang ditentukan PT LIB. Sriwijaya FC merupakan tuan rumah Grup A (Stadion Jakabaring), Grup B tuan rumahnya Dewa United FC (Stadion Madya), Grup C tuan rumahnya Persis Solo (Stadion Manahan), dan Grup D tuan rumahnya Kalteng Putra (Stadion Tuah Pahoe).

Kedua persetujuan soal pembagian grup babak penyisihan. Grup A ada Sriwijaya FC ( tuan rumah), PSPS Riau, KS Tiga Naga, Semen Padang, PSMS Medan, dan Babel United. Grup B dihuni oleh Dewa United FC (tuan rumah), PSKC, Rans Cilegon FC, Badak Lampung, Perserang Serang, dan Persekat.

Baca Juga:

Berikut Grup Penyisihan Liga 2 2021: Derbi Mataram Tersaji

Termasuk Dewa United FC, Ini Tuan Rumah Putaran Pertama Liga 2 2021

Grup C ada Persis Solo (tuan rumah), PSCS Cilacap, Persijap Jepara, PSIM Yogyakarta, Hizbul Wathan FC, dan Putra Safin Group (PSG) Pati. Grup D dihuni oleh Kalteng Putra (tuan rumah), Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Sulut United, PSBS, dan Persewar.

Ketiga soal persetujuan dan aspirasi klub soal regulasi Liga 2 2021. Misalnya terkait pendaftaran pemain.

"Pendaftaran pemain itu dari 13 September sampai 10 Oktober. Namun aspirasi klub ingin diperpanjang misalnya sampai tanggal 15 Oktober. Nanti kita bicarakan lagi dengan PSSI," kata Direktur Operasional (Dirop), Sudjarno, dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/9).

Liga 2 2021 Digelar Dua Putaran

Liga 2 2021 akan dimulai pada 26 September sampai 19 Desember 2021. Kasta kedua kompetisi sepak bola Indonesia itu akan digelar dua putaran di babak penyisihan grup. Tuan rumah putaran kedua akan ditentukan lagi oleh PT LIB dengan koordinasi bersama Pemerintah Republik Indonesia.

24 klub peserta masuk ke dalam empat grup wilayah. Masing-masing grup dihuni enam klub dengan sistem double round robin. 10 kali bertemu, namun dibagi dalam dua putaran.

Dua tim masing-masing grup masuk ke babak 8 besar. Empat tim terbaik lolos ke semifinal. Lalu dua tim terbaik ke partai final. Satu tiket promosi diperebutkan dua tim yang kalah di semifinal.

Sedangkan empat tim penghuni dasar klasemen di tiap-tiap grup penyisihan otomatis terdegradasi ke Liga 3.