BolaSkor.com - Drama tersaji pada laga terakhir grup H Liga Champions 2022-2023. Benfica secara mengejutkan mampu menggeser Paris Saint-Germain (PSG) dari puncak klasemen.

Ya, Benfica melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup. Sementara PSG harus puas menyandang status runner up dan membuat mereka terancam bertemu lawan berat pada babak 16 besar mendatang.

Hingga menjalani lima laga, PSG masih memimpin klasemen. Namun hasil pada pertandingan terakhir mengubah nasib keduanya.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: AC Milan ke-16 Besar, Juventus Tutup Fase Grup dengan Kekalahan

Menilik Skuad AC Milan Sejak Terakhir Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

16 Tim di Fase Gugur Liga Champions 2022-2023, Tidak Ada Juventus dan Barcelona

Pada laga keenam atau terakhir, PSG mampu mengalahkan Juventus dengan skor 2-1. Sementara Benfica membantai Maccabi Haifa dengan skor 6-1.

Dua hasil tersebut sebenarnya membuat Benfica dan PSG sama kuat di klasemen akhir. Kedua tim sama-sama mengemas 14 poin hasil empat kemenangan dan dua kali imbang.

Secara head to head, Benfica dan PSG juga sama kuat. Dua pertemuan mereka berakhir imbang 1-1.

Seimbangnya kekuatan Benfica dan PSG juga terlihat dari selisih gol mereka. Keduanya sama-sama mencetak 16 gol dan kebobolan tujuh kali sehingga selisih golnya sembilan gol.

Namun Benfica unggul dalam catatan gol tandang ketimbang PSG. Wakil Portugal itu mampu mencetak sembilan gol di kandang lawan berbanding enam gol milik Les Parisiens.

Hal inilah yang membuat Benfica menggeser PSG dari puncak klasemen. Hal ini mengacu dari regulasi yang dibuat UEFA.

Andai jumlah gol tandang masih sama, posisi pemuncak klasemen akan ditentukan dari kedisiplinan. Tim yang lebih sedikit menerima kartu kuning.

Benfica tampaknya sudah mengetahui regulasi ini. Maka dari itu tim asuhan Roger Schmidt tampil ngotot di kandang Maccabi Haifa.

Sebelum melakoni laga keenam, selisih gol Benfica memang tertinggal empat gol dari PSG. Kondisi itu membuat mereka harus menang lebih dari empat gol sambil berharap PSG tidak mencetak banyak gol ke gawang Juventus.

Status juara grup sangat penting terutama untuk tim seperti Benfica. Peluang The Eagles untuk berjumpa tim kuat pada babak 16 besar akan semakin kecil karena akan berhadapan dengan para runner up grup.