Liverpool Melorot, Siklus Empat Tahunan seperti Man City?

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 09 Februari 2021
Liverpool Melorot, Siklus Empat Tahunan seperti Man City?
Jurgen Klopp (twitter)

BolaSkor.com - Liverpool tengah dalam grafik menurun belakangan ini. The Reds, sang juara bertahan, bahkan kini tertinggal 10 poin dari puncak klasemen Premier League.

Performa Liverpool musim dinilai jauh berbeda dibandingkan tiga musim sebelumnya yang terus menanjak hingga akhirnya menjadi juara Premier League musim lalu.

Eks Manchester United Gary Neville menilai Liverpool mengalami sindrom empat tahunan. Sindrom serupa yang dialami Manchester City musim lalu.

Baca Juga:

Liverpool 1-4 Manchester City: The Citizens Catatkan 10 Kemenangan Beruntun

Sempat Frustrasi di Liverpool, Klopp Diyakini Bisa Pergi ke Bayern

Terdesak Situasi, PSG Kirim Kabar Baik untuk Madrid dan Liverpool

Neville menyebut performa asuhan Jurgen Klopp musim ini jauh di bawah apa yang mereka tunjukkan dalam tiga tahun sebelumnya. Mereka seperti kehabisan tenaga dan mental.

"Liverpool saat ini tidak seperti tim yang benar-benar luar biasa selama tiga tahun kemarin. Saya perhartikan Manchester City tahun lalu ketika mereka juga mendapatkan performa buruk setelah menjalani tiga tahun performa yang luar biasa, dan saya melihatnya pada Liverpool tahun ini," kata Neville dikutip dari Sky Sports.

"Anda tidak bisa setiap tahun, terutama selama empat tahun, dengan para pemain ini, pemain yang sama. Pada suatu titik akan ada penurunan. Kita melihat penurunan yang mengkhawatirkan karena mereka sangat luar biasa musim sebelumnya."

Faktor kelelahan mental dan fisik itu terlukis jelas dalam permainan pasukan Klopp. Jika tiga musim kemarin bermain dengan aliran bola yang sangat cepat, kini Mohamed Salah dan kawan-kawan terlihat lebih lambat. Selain itu hantaman cedera memperburuk kondisi tersebut.

"Mereka melakukan lebih banyak operan musim ini dan tidak cepat mengarahkan bola ke depan. Orang akan mengatakan hal itu karena keberadaan Thiago, tapi bukan hanya dia, saya pikir secara umum para pemain bermain dengan mencari aman," kata Neville.

"Liverpool selama tiga tahun terakhir sangat memukau dan mereka bermain dengan risiko. Saat ini tidak ada umpan-umpan langsung. Mereka tidak mau mengambil risiko. Para pemain tidak banyak berlari."

Dalam tiga tahun terakhir Liverpool memang luar biasa. Pada musim 2017-18 mereka berhasil melaju ke final Liga Champions sebelum kalah dari Real Madrid. Kegagalan yang dibayar lunas tahun berikutnya. Tak hanya itu, Livepool juga menempel ketat Manchester City di Liga Inggris.

Musim lalu, mereka berhasil mengakhiri puasa gelar juara Liga Inggris sekaligus menghentikan dominasi Manchester City.

Liverpool Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan