BolaSkor.com - Pekan 12 Premier League yang berlangsung sebelum jeda internasional di bulan November, akan diwarnai laga besar antara Liverpool vs Manchester City di Anfield. Stadion berkapasitas 54.074 penonton itu bukan tempat yang bersahabat bagi tim tamu, tak terkecuali Pep Guardiola.

Duel dua tim kandidat kuat juara Premier League 2019-20 akan tersaji di Anfield, Minggu (10/11) pukul 23.30 WIB. Kedua tim terpaut enam poin, Liverpool ada di urutan pertama (31 poin) dan belum pernah kalah dengan catatan 10 kemenangan dan satu hasil imbang.

Liverpool menyandang status unggulan di pertandingan nanti. Maklum, meski Man City berstatus juara bertahan Premier League dua kali beruntun, Liverpool bermain di Anfield dan di sana mereka sudah sangat lama tidak merasakan kekalahan.

Di ajang Premier League, Liverpool terakhir kalah di Anfield pada April 2017 ketika kalah 1-2 dari Crystal Palace. Lalu di Liga Champions, Real Madrid jadi tim terakhir yang pulang dari Anfield dengan status tim pemenang pada 2014.

Baca Juga:

5 Pemain Manchester City yang Bisa Jadi Pembeda Kontra Liverpool

Pep Guardiola Tak Percaya Liverpool Cuma Modal Keberuntungan

Jurgen Klopp Sebut Pep Guardiola Lebih Sering Pikirkan Liverpool

Liverpool vs Manchester City

Lalu untuk Manchester City, terakhir kali mereka menang di Anfield terjadi pada 1981 atau 38 tahun silam saat City masih bermarkas di Maine Road. Pep Guardiola sudah mengutarakannya langsung betapa sulit meraih kemenangan di Anfield.

"Kami akan mencobanya (menang lawan Liverpool), tapi saya pikir tidak demikian (City wajib menang). Berapa abad mereka tak kalah di Anfield? Kita lihat nanti," ucap Guardiola beberapa waktu lalu.

"Mereka mengalahkan Aston Villa di menit terakhir - jadi ada banyak laga yang harus dimainkan. Banyak hal yang akan terjadi dan banyak laga untuk dimainkan."

Datang ke Inggris pada 2016 dari Bayern Munchen, Pep Guardiola tidak pernah membawa City meraih kemenangan di Anfield dalam empat kali kesempatan mentas di sana.

Keempat pertandingan itu, dikutip dari FourFourTwo, melalui hasil akhir 0-1 pada 31 Desember 2016, 0-0 pada 7 Oktober 2018, 0-3 pada 4 April 2018, dan 3-4 pada 14 Januari 2018. Di antara keempat laga itu, pertandingan yang menghasilkan tujuh gol pada Januari 2018 jadi yang paling seru.

Bagi fans netral, tidak ada yang lebih menarik dari hujan gol di satu pertandingan. Kala itu, Alex Oxlade-Chamberlain membuka keran gol Liverpool sebelum disamakan oleh Leroy Sane. Kemudian, Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane mencetak gol dalam kurun waktu sembilan menit.

Gol telat yang diciptakan oleh Bernardo Silva dan Ilkay Gundogan menjadi tidak berarti di pertandingan tersebut, pertandingan yang juga menjadi kekalahan pertama The Citizens - julukan Man City - di Premier League musim 2017-18.