BolaSkor.com - Manchester United belum merekrut satu pun pemain anyar di bursa transfer musim panas 2022. Sejauh ini hanya rumor-rumor permain yang terus dikaitkan dengan Red Devils besutan Erik ten Hag.

Ten Hag berasal dari Belanda dan mantan pelatih Ajax Amsterdam. Dia pun dikaitkan dengan pemain asal Belanda dan juga mantan anak-anak asuhnya, seperti Jurrien Timber, Frenkie de Jong, Antony (bukan dari Belanda), serta incaran lain semisal Christian Eriksen.

Belum ada transfer yang rampung. Saga transfer De Jong berlarut-larut, sementara ada cerita menarik mengenai Jurrien Timber. Segalanya berjalan baik sampai adanya campur tangan mantan pelatih Manchester United, Louis van Gaal, yang kini membesut timnas Belanda.

“Saya pikir pemain dengan kualitasnya bisa bermain di Premier League. Itu bukan masalah. Jika dia harus membuat langkah besar ini sekarang, itulah pertanyaannya. Saya pikir tidak bijaksana (untuk pindah ke United). Dia harus bermain," tutur Van Gaal beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Pergerakan Manchester United di Bursa Transfer Lelet, Erik ten Hag Semprot Manajemen

Erik ten Hag Langganan MUTV, Mau Nonton Apa?

CEO Man United Bicara dengan Fans, Bahas Transfer dan Pengeluaran Besar Tanpa Hasil

Secara tidak langsung Van Gaal memeringati bek berusia 20 tahun untuk tidak gegabah pindah ke United, sebab jika ia ada di sana bisa jadi Timber jarang main dan Van Gaal bakal sulit memanggilnya ke timnas Belanda.

Ucapannya ada benarnya tapi tidak ada jaminan juga Timber tidak akan bermain jika main di United. Semenjak momen itu Man United sedianya sudah berada di jalur yang benar untuk merekrutnya, uang pun tidak jadi masalah.

Akan tapi jurnalis asal Belanda, Marcel van der Kraan, meyakini Van Gaal kembali 'mencegah' Timber untuk gabung Man United. Dia menuturkannya kepada De Telegraaf.

"Benar-benar mati di dalam air (sulit Timber ke Man United). Pemain yang saya pikir sudah siap untuk datang, agennya pergi ke London, ke kantor Manchester United dua minggu lalu, melakukan pembicaraan yang sangat bagus. Uang tidak pernah menjadi masalah," tutur Van der Kraan.

“Tapi kemudian satu orang muncul, Louis van Gaal. Dia mengatakan kepada pemain di pusat latihan Belanda, lihat jika Anda pergi ke sana, saya pikir peluang Anda bisa terbatas untuk bermain untuk Belanda di Piala Dunia tiga bulan kemudian."

"Sekarang untuk Jurrien Timber, pemain gaya Ajax yang hebat, pemain dengan gaya Ten Hag, itu sedikit pukulan. Louis Van Gaal menjelaskan bahwa dia tidak akan berada di tim Belanda-nya jika dia bermain setiap minggu untuk United."

Van Gaal melatih Man United medio 2014-2016. Pada 2016 dia dipecat dan digantikan Jose Mourinho meski memenangi Piala FA.

Semenjak saat itu Van Gaal bak mendendam dengan United, sempat tidak menyarankan Ten Hag gabung 'tim komersil' hingga menilai manajemen klub yang dipimpin Ed Woodward tidak mengerti sepak bola.