Luka Jovic, Bocah Pelahap Donat Calon Penerus Luis Suarez

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 22 Maret 2019
Luka Jovic, Bocah Pelahap Donat Calon Penerus Luis Suarez
Luka Jovic (zimbio)

BolaSkor.com - Satu nama mencuat dari kancah Bundesliga. Nama yang belakangan gencar dikaitkan dengan Barcelona. Nama tersebut adalah Luka Jovic, penyerang muda sepanjang musim bersinar bersama Eintracht Frankfurt.

Jovic menjadi bidikan Barcelona tentu saja dengan alasan yang jelas. Penyerang muda Serbia kelahiran Bosnia itu memang sedang naik daun. Gaya bermainnya yang mirip dengan Luis Suarez juga digadang sebagai salah satu alasan.

Penyamaan dengan Suarez sendiri datang dari Mladen Krstajic, pelatih timnas Serbia. "Jovic seorang pencetak gol klasik dengan kontrol bola luar biasa."

Baca Juga: Barcelona Segera Segel Matthijs de Ligt

"Dia juga penyerang cerdas yang memahami permainan. Saya kira dia bisa dibandingkan dengan Luis Suarez," ujar Krstajic dalam wawancaranya dengan T-Online.

“Dia berani dan selalu berbahaya. Dia berbahaya karena selalu siap tiap kali dapat kesempatan. Dia juga pintar membawa permainan lawan."

Musim ini, Jovic sudah mencetak 15 gol dari 24 penampilan, 18 sebagai starter, di Bundesliga. Total Jovic sudah membuat 23 gol dari 46 laga di semua kompetisi sejak bergabung dengan Frankfurt musim lalu.

Nama Jovic makin menjadi sorotan setelah sukses mengukir sejarah ketika Frankfurt menang besar 7-1 atas Dusseldorf. Pada laga itu, Jovic tampil luar biasa dengan menyumbang lima gol. Jovic pun menjadi pemain termuda yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan di Bundesliga.

Di antara penyerang tajam di Eropa musim ini, Jovic disebut-sebut memiliki atribut paling lengkap. Penyerang berusia 21 tahun ini mampu membuat dari dari mana saja; kiri, kanan, tengah, memakai kaki kanan, kaki kiri, atau kepala, dari jarak dekat ataupun jauh.

Baca Juga: Pemain Incaran Barcelona Dinilai Mirip Luis Suarez

Dari 15 gol di Bundesliga musim ini, enam datang lewat kaki kiri, jumlah yang sama yang dibuat dengan kaki kanannya. Sedangkan tiga gol lain dicetaknya melalui sundulan kepala.

Proses terjadinya gol yang dibuat Jovic pun tak kalah beragam. Dengan kecepatan yang serupa dengan Cristiano Ronaldo, Jovic mampu membikin gol lewat skema serangan balik. Namun dia juga mampu menciptakan gol di depan gawang, baik itu sedang menghadap atau membelakangi gawang.

Pergerakan dan daya jelajahnya yang tinggi membuat Jovic seorang penyerang yang sulit dijinakkan pemain belakang. Tak jarang, satu-satunya cara yang dilakukan bek untuk menghentikan Jovic adalah dengan menjatuhkannya. Sepanjang musim ini, Jovic sudah 25 kali dilanggar lawan, termasuk yang tertinggi di Bundesliga.

Jadi tidak heran jika Barcelona kabarnya sudah menyiapkan dana 50 juta euro untuk memboyong Jovic ke Camp Nou. Marca menyebut, Barcelona berencana membuka negosiasi dengan Frankfurt beberapa pekan ke depan.


Berawal dari Tarkam

Perjalanan karier Jovic bermula dari sebuah turnamen sepak bola anak-anak(antar kampung) di Bijeljina, sebuah kota kecil di Bosnia, 2004 silam.

Jovic yang sudah mengenal sepak bola saat berusia 5 tahun mampu mengundang perhatian dari seorang pemandu bakat. Jovic pun ditawari untuk bermain di Mini Maxi, sebuah kompetisi pembibitan yang diikuti pemain berusia 4-12 tahun di Belgrade.

"Setelah 10 menit permainan, saya melihat ada sesuatu yang luar biasa," ujar Tomislav Milicevic, eks pemain timnas Serbia yang pelatih tim muda Red Star Belgrade.

"Bola seperti melekat di kakinya. Dia terlihat sangat nyaman dengan bola dan memikirkan apa yang akan dilakukannya. Dia berpikir apakah bola akan ditahan atau langsung diumpan," kenang Milisevic.

"Buat saya itu sangat luar biasa. Seorang bocah seusianya bisa bermain seperti itu dan mampu menguasai bola dengan skillnya."

Barcelona Luka Jovic
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.187

Bagikan