BolaSkor.com - Persib Bandung kembali meluncurkan jersey anyarnya dalam menghadapi Liga 1 2021/2022. Kali ini tim berjulukan Maung Bandung ini mengeluarkan jersey ketiganya.

Jersey alternatif ini tak jauh berbeda dengan musim 2019 lalu. Yakni berwarna hitam dengan tulisan dan angka sablon berwarna silver.

Achmad Gunawan Anwar, desainer jersey Persib membenarkan jersey ketiga musim ini memiliki kemiripan dengan jersey ketiga musim 2019. Yang menjadi perbedaannya hanya pada logo Persib.

"Alasan dipilih kembali hitam ini karena pemain lebih nyaman, dingin, lebih simpel dan ringan dibandingkan yang jersey home. Tapi ada plus minusnya sih. Kalau orang yang mengerti fabric, nggak sama kayak di pasaran," ujarnya di Graha Persib, Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (16/9).

Baca Juga:

PSIS Tak Anggap Remeh Persiraja, Buktinya PSS Dikalahkan

Melvin Platje: Kuipers Bek Cerdas, Rashid Pemain Berkualitas

Selain itu, pria yang akrab disapa Iwan ini mengatakan warna hitam dipilih tak lain sebagai bentuk empati atas yang terjadi di dunia, khususnya Indonesia, selama dua tahun terakhir. Mulai dari isu rasisme, diskriminasi, bencana alam hingga pandemi COVID-19.

"Di situ kita ingin mengeluarkan percikan semangat, tapi tetap berempati dengan adanya musibah sekarang. Terus, bentuknya tetap sederhana, nggak banyak aneh-aneh seperti kaos biasa. Karena biasanya kalau orang dalam kondisi berkabung atau bagaimana, kan pakai baju hitam. Tapi dalam kegelapan ini kita berupaya bangkit supaya semangat itu tetap dijaga. Ke depannya semoga lebih baik, itu saja nggak aneh-aneh," bebernya.

Iwan juga mengatakan bahwa jersey ini tidak hanya hitam, namun terdapat motif garis membentuk gunung dan air seperti yang terdapat pada jersey home dan away yang sudah diperkenalkan.

"Kalau jersey pertama kan kalau kita ngomong gunung ya itu bentuk penyederhanaan dari gunung dalam artian biasa yang kita lihat. Seperti pemetaan zaman Purba kalau Jawa Barat seperti itu, ada aliran."

"Dan yang jersey away di belakangnya ada simbolik sederhana dari bola, segi enam. Jadi tematiknya mengingat kembali kemenangan kita di tahun 1994 pakai baju putih. Nah momen-momen bahagia ini kita tuangkan."

"Sedangkan yang ketiga ini sebenarnya karena memang kita Liganya dimulai kembali. Sebelumnya (musim 2020) pakai navy, dan awalnya gak akan bikin karena di musim lalu belum terpakai, tapi momennya sedang seperti ini, jadi bikin jersey ketiga," jelasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)