BolaSkor.com - Finalis Liga Champions musim lalu, Manchester City mengawali fase grup A musim ini dengan hasil yang meyakinkan kontra RB Leipzig. The Citizens menang 6-3 di Etihad Stadium, Kamis (16/09) dini hari WIB.

Tanpa Julian Nagelsmann serta pemain-pemain yang sudah hengkang seperti Dayot Upamecano dan Marcel Sabitzer, Leipzig tetap bertaji di bawah arahan Jesse Marsch dan memberikan perlawanan sengit.

Man City menang telak tapi penguasaan bola berjalan ketat 51 berbanding 49 persen, tetapi City dominan dengan 16 tendangan dan delapan tepat sasaran, sementara Leipzig 10 tendangan dan tiga tepat sasaran.

Dari tiga kans itu Leipzig efisien melalui torehan hat-trick gol Christopher Nkunku (42' 51' 73'), sementara enam gol City lahir dari Nathan Ake (16'), bunuh diri Nordi Mukiele (28'), Riyad Mahrez (45+2' penalti), Jack Grealish (56'), Joao Cancelo (75'), dan Gabriel Jesus (85').

Baca Juga:

Tak Ada Lionel Messi dalam Benak Pep Guardiola

Hasil Laga Liga Champions: Liverpool Tekuk Milan, Madrid Menang Telat atas Inter

Club Brugge Nodai Catatan Liga Champions Lionel Messi

Pep Guardiola memuji Leipzig sebagai tim muda yang enerjik dan agresif. Dia salut dengan permainan Leipzig meski pada akhirnya kualitas skuad dan pemain jadi pembeda.

"Leipzig tidak pernah menyerah. Mereka memiliki cara khusus untuk menyerang. Mereka bermain habis-habisan. Anda tidak pernah merasa ini sudah berakhir. Kami mencetak gol beberapa menit setelah mereka mencetak gol (beberapa kali) dan itu banyak membantu kami," tutur Guardiola.

"Mereka memiliki tim muda, sangat agresif, sangat kuat. Tim yang fantastis. Leipzig memberikan pesan bagus untuk sepak bola. Kualitas pemain (City) lebih baik hari ini dan itulah mengapa kami menang."

Performa Jack Grealish

Man City tampil secara kolektif kala mengalahkan Leipzig. Tapi ada satu pemain yang menonjol dan membuktikan dirinya layak dibeli seharga 100 juta poundsterling. Dia adalah Jack Grealish.

Pemain berusia 26 tahun memiliki catatan impresif di laga debutnya di Liga Champions dengan City: laga pertama, satu assist, dan satu gol.

Statistik lengkapnya menurut Squawka adalah bermain selama 81 menit, 42 sentuhan bola, enam kali menyentuh bola di pertahanan lawan, enam kali memenangi duel perebutan bola, empat tendangan, dan tiga kali dilanggar.

Grealish menjadi pemain dari Inggris pertama yang memberikan assist dan mencetak gol di laga debut Liga Champions setelah Wayne Rooney. Rooney melakukannya pada 2004 pada laga melawan Fenerbahce.

"Sangat menyenangkan mendapatkan kemenangan dan jelas merupakan malam yang luar biasa bagi saya secara pribadi. Untuk mencetak gol, itu adalah perasaan yang luar biasa," tutur Grealish di laman resmi UEFA.

"Itu bagus. Saya pikir Rúben (Dias) mendapat sentuhan dan saya berhasil memotong masuk (melakukan penetrasi). Saya senang dengan penyelesaiannya dan saya jelas sangat senang."

"Para pemain selalu membicarakan (final musim lalu). Mereka bertekad untuk menjadi yang lebih baik tahun ini. Ini awal yang baik bagi kami. Semoga kami bisa melaju jauh kali ini," harap Grealish.