Marc-Andre ter Stegen, Penjaga Gawang dengan Naluri Bermain Libero

Arief HadiArief Hadi - Senin, 15 Juni 2020
Marc-Andre ter Stegen, Penjaga Gawang dengan Naluri Bermain Libero
Marc-Andre ter Stegen (Twitter)

BolaSkor.com - LaLiga kembali bergulir usai ditunda dua bulan lebih karena pandemi virus corona. Pemuncak klasemen - sekaligus juara bertahan - LaLiga, Barcelona mengawalinya dengan kemenangan telak 4-0 atas Mallorca di Son Moix, Minggu (14/06) dini hari WIB.

Arturo Vidal, Martin Braithwaite, Jordi Alba, dan Lionel Messi adalah pencetak empat gol Barcelona. Tiga poin, pesta gol, dan tanpa kebobolan alias clean sheets. Sempurna. Barcelona memperlihatkan mentalitas sebagai juara meski bermain tanpa penonton.

Catatan itu bertambah spesial jika melihat penampilan kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen. Penjaga gawang berusia 28 tahun memang tidak mendapatkan banyak ancaman karena penguasaan bola Barca. Ter Stegen hanya sekali mengamankan peluang dari Takefusa Kubu, pemain pinjaman Real Madrid di Mallorca.

Catatan tanpa kebobolan merupakan hal yang positif bagi kiper, apalagi semakin spesial bagi eks kiper Borussia Monchengladbach karena ia representasi penjaga gawang di sepak bola modern. Tak hanya mengamankan gawang Ter Stegen juga bisa mengawali serangan tim.

Baca Juga:

Ter Stegen Pastikan Masih di Barcelona Musim Depan

Tiga Pemain yang Tak Akan Dijual Barcelona

Jadi Inspirasi Kemenangan Barcelona, Lionel Messi Ukir Rekor Baru

Marc-Andre ter Stegen

Dari data Opta akurasi operannya 94 persen kontra Mallorca dan 64 dari 68 operannya sampai ke rekan setim. Itu menjadi rekor sejak Opta mulai mendata statistiks sejak 2005-06. Kejutan? Tidak juga. Ter Stegen memang kiper dengan rasa libero.

Sejak Manuel Neuer memperlihatkan kualitas yang sama kiper-kiper di Eropa kini memiliki nilai plus jika dapat membangun serangan dari belakang, seperti contoh kiper lainnya Ederson Moraes di Manchester City.

Kontra Mallorca Ter Stegen menjadi bek tengah ketiga di antara Ronald Araujo dan Gerard Pique.

Bak libero Ter Stegen juga banyak memberikan operan dan mengawali serangan dari belakang. Catatannya enam umpan lambung akurat, tiga kali sampai ke Lionel Messi, dua ke Frenkie de Jong dan Ivan Rakitic, serta lima kali kepada Sergi Roberto dan Luis Suarez.

Dengan Araujo Ter Stegen memberikan 26 operan bola dan Pique sebanyak 34 kali. Peran itu dimainkannya meski posisinya adalah: kiper. Jiwa kepemimpinan Ter Stegen menenangkan Barcelona karena ia disegani di ruang ganti pemain.

Barcelona punya Lionel Messi di lini depan dan Ter Stegen di lini belakang. Dengan kemampuannya menjaga gawang dan membangun serangan, Ter Stegen merupakan aset berharga yang tak tergantikan di Barcelona.

Breaking News Marc-Andre ter Stegen Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan