Marcelo Bielsa dan 8 Manajer yang Dipecat di Premier League 2021-2022

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 27 Februari 2022
Marcelo Bielsa dan 8 Manajer yang Dipecat di Premier League 2021-2022
Marcelo Bielsa (Twitter)

BolaSkor.com - 27 Februari 2022, manajer veteran asal Argentina Marcelo Bielsa dipecat oleh Leeds United. Bielsa (66 tahun) sudah melatih Leeds dari 2018 dan membawa klub promosi ke Premier League setelah 16 tahun lamanya.

Rentetan hasil buruk serta lima kemenangan dari 26 laga Premier League musim ini jadi faktor pemecatan Bielsa, belum lagi dari lima laga terakhir gawang Leeds sudah kebobolan 20 gol dan terparah kalah 0-6 dari Liverpool.

"Leeds United hari ini mengonfirmasi bahwa klub telah berpisah dengan pelatih kepala Marcelo Bielsa," demikian pernyataan di laman resmi Leeds United.

"Pelatih berusia 66 tahun itu bertanggung jawab atas tim selama lebih dari tiga setengah tahun, setelah mengambil alih kendali pada Juni 2018."

Baca Juga:

Kebobolan 20 Gol dari Lima Laga, Leeds United Pecat Marcelo Bielsa

Jadwal Neraka Menanti Manchester United pada Maret

Tottenham Tak Kunjung Membaik, Antonio Conte Angkat Tangan

"Dia mengubah nasib klub di lapangan, yang dimulai dengan kemenangan telak 3-1 atas Stoke City di Elland Road dua bulan kemudian dan dia memimpin Leeds ke Play-Off Championship di musim penuh pertamanya sebagai pelatih."

"Dalam musim keduanya, Bielsa berhasil di mana orang-orang sebelumnya gagal, membimbing klub meraih titel Championship, memenangkan divisi dengan 10 poin, dan membawa klub promosi kembali ke Premier League untuk pertama kalinya dalam 16 tahun."

Bielsa jadi manajer kesembilan yang dipecat di Premier League 2021-2022. Siapa saja nama sebelum Bielsa yang telah terlebih dahulu merasakan palu pemecatan tersebut?

1. Xisco Munoz

Pelatih dari Spanyol membawa Watford promosi ke Premier League dan sempat diharapkan fans dapat jadi juru selamat tim. Tapi ironisnya, Xisco Munoz jadi manajer pertama yang dipecat di Premier League musim ini.

Munoz (41 tahun) melatih Watford pada 2020 dan dipecat pada 3 Oktober 2021, dia digantikan oleh Claudio Ranieri, dan saat ini Munoz melatih Huesca di Spanyol.

2. Steve Bruce

Korban dari akuisisi Newcastle United dari pemilik perusahaan yang didukung Pangeran Arab Saudi. Steve Bruce melatih Newcastle pada 2019 dan dipecat pada 20 Oktober 2021, digantikan dengan manajer asal Inggris lainnya Eddie Howe.

Bruce yang juga legenda Manchester United sarat pengalaman melatih di Inggris dengan beberapa klub yang dilatihnya seperti Wigan Athletic, Crystal Palace, Sunderland, Hull City, Aston Villa. Tapi ia tak lama menganggur karena kini membesut West Bromwich Albion.

3. Nuno Espirito Santo

Ditunjuk melatih Tottenham Hotspur pada 30 Juni 2021, menggantikan Jose Mourinho, karier Nuno Espirito Santo di London Utara berlangsung sikat karena ia dipecat pada 1 November 2021.

Lima bulan melatih pelatih asal Portugal sudah kehilangan pekerjaannya. Hasil-hasil buruk termasuk kekalahan keempat dari enam laga Premier League jadi penyebabnya. Santo kemudian digantikan dengan Antonio Conte.

4. Daniel Farke

Empat tahun melatih Norwich City dan dua kali membawa The Canaries promosi ke Premier League. Sayang, saat di Premier League Norwich selalu kesulitan bertahan melawan tim lain untuk menghindari zona degradasi.

Manajer asal Jerman dipecat pada 6 November 2021 setelah ditunjuk pada 25 Mei 2017. Farke digantikan dengan Dean Smith dan saat ini ia melatih klub Rusia, Krasnodar.

5. Dean Smith

Sehari setelah Farke dipecat Norwich, Aston Villa juga melakukannya kepada Dean Smith pada 7 November 2021. Uniknya, Smith (50 tahun) langsung menggantikan Daniel Farke di Norwich City.

Smith sudah melatih Villa dari 2018 dan mampu membawa klub promosi serta bersaing di papan tengah Premier League. Sebelum di Villa Smith pernah melatih Walsall dan Brentford.

6. Ole Gunnar Solskjaer

Legenda Manchester United yang ditunjuk pada awalnya sebagai manajer interim pada 2018, menggantikan Jose Mourinho, kemudian jadi manajer permanen. Sempat muncul harapan di awal, tapi lambat laun terlihat Solskjaer tak punya variasi taktik dalam permainannya.

Manajer asal Norwegia dipecat pada 21 November 2021 dan klub menunjuk Ralf Rangnick sebagai manajer interim.

7. Rafael Benitez

30 Juni 2021 ditunjuk sebagai manajer Everton pengganti Carlo Ancelotti, lalu pada 16 Januari 2022 dipecat. Enam setengah bulan bekerja Rafael Benitez di Everton dan digantikan oleh Frank Lampard.

Eks pelatih Liverpool, Chelsea, Real Madrid dan Inter Milan tampak sudah mulai kesulitan beradaptasi di era sepak bola modern.

8. Claudio Ranieri

Manajer kedelapan yang dipecat musim ini di Premier League sebelum Bielsa. Karier pelatih veteran asal Italia hanya bertahan tiga bulan kurang setelah ditunjuk melatih Watford, menggantikan Munoz pada 24 Januari 2022.

Watford jadi klub Premier League pertama yang memecat dua pelatih dalam semusim dan kini mereka dilatih Roy Hodgson.

Breaking News Premier League Trivia Sepak Bola Claudio Ranieri Marcelo Bielsa Ole gunnar Solskjaer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan