BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 kerap menjalani latihan pada pagi hari. Termasuk jelang pertemuan dengan Vietnam di final sepak bola SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12).

Program latihan ini dianggap tidak biasa oleh media Vietnam. Salah satu media Vietnam menyebut bahwa Timnas Indonesia U-23 menjalani sesi latihan misterius.

Skuat Garuda dilaporkan memiliki agenda latihan sesuai panitia penyelenggara pada Senin (9/12). Namun pada pagi hari, skuat Garuda sudah keluar dari hotel untuk berlatih.

Baca Juga:

Park Hang-seo Tak Peduli Penilaian Indra Sjafri Jelang Final Timnas Indonesia U-23 Vs Vietnam

Nazar Indra Sjafri Jika Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Vietnam dan Raih Medali Emas

Program latihan Timnas Indonesia U-23 pun dipertanyakan oleh media Vietnam. Indra Sjafri juga sempat mendapat pertanyaan yang sama dari wartawan Jepang ketika memimpin Timnas Indonesia U-19 dan jelang berlaga di perempat final Piala Asia U-19 2018 kontra Jepang.

"Ini pertanyaan kedua. Pertama oleh wartawan Jepang. Kenapa Indonesia latihan pagi? Di Indonesia ada filosofi, jangan bangun sebelum ayam bangun (berkokok). Kalau tidak lebih dulu, rezeki akan dipatok," kata Indra Sjafri.

Sesi latihan pada pagi hari sudah dilakukan sejak persiapan masih dilakukan di tanah air. Itu sebelum berlanjut ketika Timnas Indonesia U-23 mengarungi SEA Games 2019, di mana skuat biasanya sudah siap di hotel untuk berangkat pada pukul 05.00.

"(Udara) lebih fresh dan oksigen lagi bagus, serta jam kerja lebih panjang," tambah Indra Sjafri.

Indra Sjafri turut menjelaskan kesiapan Timnas Indonesia U-23. "SEA Games ini turnamen dengan interval yang pendek sekali. Saya siapkan 20 pemain yang betul-betul siap."

"Hampir semua pemain Timnas Indonesia, per pagi ini, siap bermain dan dalam keadaan fit," jelas Indra Sjafri.