BolaSkor.com - Terpilihnya Joan Laporta sebagai presiden baru Barcelona menimbulkan harapan baru bagi klub asal Catalunya tersebut. Salah satunya tentu peluang Blaugrana mempertahankan Lionel Messi.

Seperti diketahui, kontrak Messi bersama Barcelona akan berakhir pada musim panas nanti. La Pulga juga sempat mengutarakan niatnya untuk meninggalkan Camp Nou.

Namun kondisi itu tak membuat Laporta menyerah begitu saja. Mempertahankan sang megabintang menjadi salah satu janji kampanyenya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Terkait Pemilihan Presiden Barcelona 2021-2026

6 Pemuda dengan Potensi Jadi Tulang Punggung Barcelona di Masa Depan

Satu Trofi yang Tak Bisa Diraih Messi bersama Barcelona

Joan Laporta

Laporta bahkan sempat sesumbar hanya dirinya yang mampu membuat Messi bersedia memperpanjang kontraknya. Hal itu tampaknya bukan sekadar janji.

"Saya mengatakan yang sebenarnya, saya adalah orang dengan pengalaman dan determinasi paling tinggi, serta paling kredibel di mata (Messi)," kata Laporta kepada Goal, awal tahun ini.

Laporta memang memiliki hubungan yang cukup erat dengan Messi. Sang presiden bahkan menjadi salah satu orang yang paling berjasa dalam karier pemain berkebangsaan Argentina tersebut.

Messi melakoni debut bersama tim senior Barcelona saat Laporta menjabat sebagai presiden. Selama tujuh tahun kepemimpinannya, El Barca sukses meraih empat gelar LaLiga dan dua trofi Liga Champions.

Setelah terpilijh menjadi presiden, Laporta kian yakin mampu mempertahankan Messi. Ia bahkan sudah melihat tanda-tanda sang kapten berubah pikiran,

"Melihat Lionel Messi datang untuk memberikan suara (dalam pemilihan presiden), melihat dia mengambil bagian, itu pesan yang sangat jelas," kata Laporta pada pidato kemenangannya.

"Dua puluh tahun lalu (dia) melakukan debutnya bersama tim muda Barca. Melihat pemain terbaik dunia keluar untuk menggunakan hak pilihnya adalah tanda yang jelas dari apa yang terus kami katakan. Leo mencintai Barca."

Pernyataan Laporta itu ada benarnya juga. Messi harusnya tidak perlu repot-repot memikirkan masa depan Barcelona jika ingin pergi di akhir musim nanti.

Masalahnya, rencana Laporta untuk mempertahankan Messi akan menemui jalan terjal. Salah satunya tentu krisis finansial dan tagihan utang yang dihadapi Barcelona.

Nilai kontrak Messi yang cukup fantastis bisa membuat kondisi finansial Barcelona kian terpuruk. Pengalaman Laporta yang pernah menjabat sebagai presiden kembali diuji.