Mengenal Cristian Romero, Bek Terbaik Serie A Amunisi Baru Tottenham

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 04 Agustus 2021
Mengenal Cristian Romero, Bek Terbaik Serie A Amunisi Baru Tottenham
Cristian Romero (Twitter)

BolaSkor.com - Tottenham Hotspur belakangan ini ramai dengan perbincangan isu hengkang Harry Kane, tetapi bisnis tetap berjalan dan Fabio Paratici, Direktur Olahraga Tottenham bekerja keras mendatangkan pemain.

Tidak mudah menarik pemain bergabung dengan Tottenham yang kesulitan memenangi trofi, tapi Paratici bekerja baik dengan merekrut Pierluigi Gollini (kiper) dari Atalanta untuk menambah amunisi anyar di skuad arahan Nuno Espirito Santo.

Transfer Tottenham tidak berhenti sampai di situ saja. Tim asal London Utara mencari bek baru untuk mengisi pos yang ditinggalkan Toby Alderweireld. Bek berusia 32 tahun pergi setelah enam tahun membela Spurs menuju Al-Duhail.

Paratici langsung memanfaatkan koneksinya di Serie A untuk menggantikan Alderweireld. Tottenham mendapatkan Cristian Romero dari Atalanta dengan mahar transfer 50 juta euro plus lima juta euro.

Baca Juga:

Daftar Pemain Terbaik Serie A 2020-2021: Romelu Lukaku Jadi Juaranya

Perburuan Tottenham Datangkan Cristian Romero Mendekati Garis Finis

Harry Kane dan 5 Pemberontakkan Pemain demi Dapat Meninggalkan Klub

Cristian Romero

"Cristian Romero ke Tottenham, here we go! Atalanta telah menerima tawaran resmi Spurs sebesar 50 juta plus lima juta euro bonus. Barca tidak pernah terlibat dalam persaingan," tutur Fabrizio Romano, pandit transfer sepak bola Eropa.

Atalanta kabarnya akan meminjam Merih Demiral dari Juventus dengan opsi beli di sekitar harga 30 juta euro sebagai pengganti Romero.

Redaksi BolaSkor.com telah menyediakan sejumlah informasi menarik mengenai Cristian Romero, berikut ulasan lengkapnya:

1. Karier

Sebelum bermain di Tottenham Cristian Romero merupakan produk akademi klub Argentina, Belgrano yang promosi pada 2016. Dua tahun bermain di sana Romero berkarier di liga top Eropa dengan Genoa.

Juventus merekrutnya pada 2019 tapi tak pernah memainkannya dan meminjamkannya ke Genoa serta Atalanta. Selama tiga tahun bermain di Serie A, Italia, performa Romero meningkat dan kini jadi salah satu bek top di Eropa.

2. Karier Timnas dan Juara Amerika Selatan

Romero bisa disebut sebagai 'anak baru' di timnas Argentina karena ia baru memainkan debutnya pada 3 Juni lalu kontra Chile. Gol pertamanya tercipta melawan Kolombia pada 8 Juni hanya dalam waktu 130 detik, menjadikannya gol tercepat dari pemain Argentina di laga profesional.

Itu melalui 168 detik gol Diego Maradona ke gawang Venezuela pada 1985. Kini Romero punya lima caps dan satu gol dengan timnas Argentina.

Dengan waktu pemanggilan dan fakta Romero baru memiliki lima caps, ia cukup beruntung ada dalam skuad Argentina yang berhasil memenangi Copa America 2021 usai menang 1-0 atas Brasil. Dalam skuad juara sekaligus pertama Lionel Messi.

3. Bek Terbaik Serie A

Romero terpilih sebagai bek terbaik Serie A musim 2020/21. Bukan tanpa alasan tentunya Romero terpilih sebagai bek terbaik. Dari segi statistik dia menjadi kedua terbanyak yang paling sering melakukan intersepsi bola, memotong bola di jalur lawan di belakang pemain Torino, Bremer.

Atalanta bukan tim dengan pertahanan terbaik. Jelas terpilihnya Romero menjadi prestisius. Selain itu hanya ada satu pemain di antara lima liga top Eropa yang punya catatan intersepsi lebih baik ketimbang Romero.

4. Bek Klasik

Romero dapat beradaptasi memainkan sepak bola dan membangun serangan dari belakang - tipikal bek modern, tetapi kelebihan Romero adalah gaya mainnya yang klasik alias bek tradisional.

Romero lugas dalam bertahan dan tidak kenal kompromi menghadang lawan. Romero nyaris tak pernah menelan kekalahan dalam duel bola udara dan ia memenangi 3,8 duel bola udara per laga, melebihi pemain Spurs lainnya seperti Eric Dier (3,1), Davinson Sanchez (2,7), dan Alderweireld (1,8).

Dengan gaya mainnya yang agresif itu wajar jika Romero mengoleksi banyak kartu, yakni 21 kartu kuning di seluruh kompetisi musim lalu serta dua kartu merah.

5. Fans Chelsea

Fans Tottenham tidak akan suka mendengarkan hal ini, sebab pemain anyar mereka ternyata adalah fans Chelsea. Tapi itu belum teruji kebenarannya karena dugaan itu muncul dari legenda Genoa, Claudio Onofri.

"Jika dia (Romero) ingin meninggalkan Genoa suatu hari nanti, dia fans Chelsea, hanya memberikan contoh saja," ucap Onofri. Entah itu mendukung The Blues dari kecil atau sekedar fans sepak bola secara umum.

6. Ideal dengan Gaya Main Nuno Espirito Santo

Romero sudah terbiasa bermain dengan taktik tiga bek di Atalanta arahan Gian Piero Gasperini. Jadi, taktik tiga bek yang biasa diperagakan Nuno Espirito Santo ketika di Wolves, kini di Tottenham seharusnya tidak asing lagi bagi Romero.

Dengan formasi tiga bek kemampuan terbaik Romero terlihat dalam mengorganisir pertahanan, khususnya dengan kedisiplinannya menjaga zona.

Breaking News Tottenham Tottenham Hotspur Cristian Romero Trivia Sepak Bola Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.176

Bagikan