Mengenal Format Kompetisi Liga Super Eropa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 19 April 2021
Mengenal Format Kompetisi Liga Super Eropa
Liga Super Eropa. (BBC)

BolaSkor.com - Sebanyak 12 klub Eropa sepakat menggulirkan kompetisi baru bernama Liga Super Eropa. Ajang ini punyan tujuan utama yaitu menandingi gemerlapnya Liga Champions.

Total 12 klub yang menjadi pelopor kompetisi ini berstatus raksasa Eropa. Mereka adalah Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Presiden Madrid, Florentino Perez telah ditetapkan sebagai Ketua operator Liga Super Eropa. Ia didampingi oleh Andrea Agnelli (pemilik Juventus) dan Joel Glazer (salah satu pemilik Manchester United) sebagai wakilnya.

Baca Juga:

Tak Gentar dengan Ancaman UEFA, 12 Klub Dirikan Liga Super Eropa

Pernyataan Tegas UEFA Terkait Liga Super Eropa

Sanksi Berat Menanti Klub dan Pemain yang Ikut Liga Super Eropa

Liga Super Eropa

Liga Super Eropa telah merilis garis besar format kompetisinya. Dari situ terlihat besarnya ambisi mereka untuk menggeser pamor Liga Champions.

Liga Super Eropa tidak berniat menggeser liga-liga domestik dari klub-klub partisipan. Pertandingan akan digelar pada tengah pekan yang identik dengan Liga Champions.

Musim perdana Liga Super Eropa rencananya akan digelar pada Agustus mendatang. Sebanyak 20 klub ditargetkan ambil bagian.

Itu artinya masih ada delapan slot lagi yang masih bisa diisi. Liga Super Eropa masih melobi perwakilan dari Bundesliga dan Ligue 1 untuk turut serta.

Siap Berdiskusi dengan UEFA dan FIFA

Pejabat Liga Super Eropa menyadari ide menggelar kompetisi baru ditolak oleh UEFA dan FIFA. Namun mereka siap berdiskusi untuk mencari solusi terbaik.

Anggota Liga Super Eropa beralasan butuh kompetisi baru untuk menghindar dari ancaman kebangkrutan efek pandemi virus corona. Kompetisi baru ini memang menjanjikan nilai keuntungan yang jauh lebih besar ketimbang Liga Champions.

Namun UEFA menolaknya karena akan membuat jarak antara klub besar dan klub kecil semakin melebar. Mereka bahkan siap memberikan hukuman berat kepada klub-klub dan pemain yang berpartisipasi di ajang ini.

Penolakan serupa juga dilakukan FIFA. Federasi sepak bola dunia itu bahkan siap melipatgandakan hukuman bagi pemain yang terlibat dengan melarang mereka tampil di ajang internasional bersama negara masing-masing.

Namun dalam perkembangannya, FIFA mulai melunak. Federasi yang dipimpin oleh Gianni Infantino itu kabarnya siap duduk bersama dengan pihak-pihak terkait.

"FIFA selalu berdiri untuk kesatuan dunia sepak bola dan memanggil semua pihak terlibat dalam diskusi panas untuk berdiskusi dengan tenang, konstruktif, dan seimbang untuk sepak bola yang lebih baik dengan solidaritas dan fair play," bunyi pernyataan resmi FIFA.

Format Liga Super Eropa:

1. Diikuti 20 klub peserta dengan 15 di antaranya yang berstatus Pendiri merupakan anggota tetap kompetisi. Sementara lima tim sisanya harus melewati mekanisme kualifikasi dan memenuhi syarat berdasarkan pencapaian di musim sebelumnya.

2. Jadwal pertandingan tengah pekan dengan semua klub yang berpartisipasi terus bersaing di liga domestik masing-masing, mempertahankan kalender pertandingan domestik tradisional yang tetap menjadi inti dari perjalanan klub.

3. Para peserta akan dibagi ke dalam dua grup (masing-masing grup berisi 10 tim). Setiap tim di grup yang sama akan saling bertemu dengan sistem kandang tandang.

4. Tiga tim teratas di masing-masing grup mendapatkan tiket ke perempat final. Sementara empat tim di peringkat keempat dan kelima akan melakoni play-off untuk memperebutkan dua tiket delapan besar yang tersisa.

5. Babak perempat final dan semifinal digelar dua leg seperti fase gugur di Liga Champions. Sementara final berlangsung satu kali di tempat netral.

Liga Super Eropa UEFA Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan