Menilik 2 Laga Terakhir Derby d'Italia di Final Coppa Italia

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 10 Mei 2022
Menilik 2 Laga Terakhir Derby d'Italia di Final Coppa Italia
Derby d'Italia di final Coppa Italia (Twitter)

BolaSkor.com - Final Coppa Italia 2021-2022 akan menghadirkan laga dua tim rival Serie A, Juventus dan Inter Milan, dalam laga bertajuk Derby d'Italia. Kedua tim sama-sama berambisi memenanginya dengan motivasi berbeda.

Coppa Italia bisa jadi pengobat hati Juventus arahan Massimiliano Allegri untuk menutup musim dengan raihan trofi, setelah gagal di Serie A. Sementara Inter masih berada dalam jalur treble winners domestik pasca memenangi Piala Super Italia.

Coppa Italia juga masih menjadi "turnamennya" Juventus karena mereka menyandang status tim paling sering memenanginya, yakni sebanyak 14 kali yang diikuti AS Roma (sembilan kali), baru kemudian Inter Milan (tujuh trofi) dan Lazio (tujuh trofi).

Baca Juga:

Lautaro Martinez Tak Butuh Romelu Lukaku untuk Terus Bersinar dengan Inter Milan

3 Alasan Juventus Akan Bungkam Inter dan Raih Gelar Coppa Italia

Sang Agen Bantah Paulo Dybala Sudah Sepakat ke Inter Milan

Juventus juga sering menapaki final sebanyak 21 kali dan Inter 14 kali. Tak ayal pertemuan keduanya di final musim ini akan dinanti pecinta sepak bola Italia. Rivalitas Juventus dan Inter akan memanaskan laga nanti.

Terlebih kedua tim memang cukup sering masuk ke final Coppa Italia, tetapi tidak sering bertemu di final. Sejarah mencatatkan sejak 1922 sampai saat ini hanya ada dua Derby d'Italia di final Coppa Italia. Berikut kedua laga tersebut.

Bianconeri Berjaya di San Siro (Coppa Italia 1958-1959)

San Siro seolah menjadi markas Juventus ketika menghelat final Coppa Italia 1958-1959. Tradisinya kala itu adalah Coppa Italia dimainkan di awal sebelum musim baru dihelat, kala itu AC Milan memenangi titel liga.

Uniknya, markas Milan San Siro jadi tempat final Coppa Italia. Sebanyak 80.000 fans hadir dan melihat momen pembantaian Juventus kepada Inter. Level bermain dan jarak kedua tim saat itu terlalu besar.

Juventus dilatih Carlo Parola dan Inter oleh Aldo Campatelli. Tak tanggung-tanggung Juventus menang 4-1 melalui gol John Charles (7'), dua gol Sergio Cervato (27', 79' penalti), dan Omar Sivori (63') yang diperkecil gol Mauro Bicicli (36').

Kapten Juventus Giampiero Boniperti mengangkat trofi Coppa Italia di San Siro (ketiga untuk Juventus). Momentum Juventus itu berlanjut di musim baru dan mereka memenangi Scudetto.

Duel HH (Coppa Italia 1964-1965)

Ada alasannya mengapa final Coppa Italia ini disebut duel HH. Pasalnya kedua tim dilatih pelatih ikonik dengan inisial H, yakni Heriberto Herrera di kubu Juventus dan Helenio Herrera di kubu Inter Milan.

Berbeda dari final pada 1959, laga yang dihelat di Stadio Olimpico, Roma, kali ini berlangsung ketat di antara kedua tim. Inter sedikit diunggulkan karena mereka juara di Italia dan juga Eropa.

Akan tapi seperti pada 1959, Juventus kembali memenangi Derby d'Italia dan kali ini dengan margin yang lebih tipis 1-0. Gol dicetak Giampaolo Menichelli di menit 15 dan setelahnya, Juventus mempertahankan keunggulan dengan 10 pemain pasca Luis Del Sol dikartumerah di menit 75.

Alhasil hasil dari dua final Coppa Italia terakhir dalam laga bertajuk Derby d'Italia, Juventus keluar sebagai pemenang.

Trivia Sepak Bola Inter Inter Milan Juventus Coppa Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan