BolaSkor.com - Berstatus tim kuat di Piala Dunia bukan jaminan salah satu di antara mereka langsung menjadi juara, meski kans mereka besar melakukannya dengan pengalaman dan kualitas bagus di dalam skuad. Pasalnya tidak mudah memprediksi kejutan di Piala Dunia.

Khususnya untuk tim juara bertahan dan Piala Dunia terkenal dengan istilah kutukan juara bertahan. Pasalnya, selain Brasil dalam beberapa edisi terakhir Piala Dunia atau dari 2006, juara bertahan selalu kesulitan mentas.

Pada akhirnya perjalanan mereka berakhir prematur di fase grup. Banyak faktor jadi penyebabnya, mulai dari sorotan besar kepada mereka hingga beban untuk mempertahankan titel.

Baca Juga:

Ada Penonton Bayaran di Piala Dunia 2022, Dapat Uang dan Makan Gratis

Piala Dunia 2022: Qatar Dihujani Kritik, Presiden FIFA Pasang Badan

Prediksi dan Statistik Qatar Vs Ekuador: Menanti Gebrakan Tuan Rumah

Dalam edisi terkini BolaSkor juga memiliki prediksi dari redaksi mengenai tim-tim kuat yang berpotensi angkat koper dini, alias tersingkir di fase grup. Siapa saja?

Arief Hadi Purwono

"Percaya atau tidak kutukan juara bertahan itu faktanya terjadi. Pengecualian Brasil pada di 2006 bisa melaju keluar dari fase grup. Prancis di atas kertas punya kualitas bagus dan merata, cuma mereka juga bisa tersingkir dini di fase grup."

"Hati-hati Kylian Mbappe dan egonya bisa bikin timnas Prancis rusak. Belum lagi dengan absennya Pogba dan Kante. Selain mereka bisa juga Portugal tersingkir kalau apa-apa segalanya tentang Cristiano Ronaldo."

Johan Kristiandi

"Untuk pertanyaan ini gua milih Jerman. Susah ngelupain masa lalu, bro. Der Panzer pasti masih ingat gimana pahitnya dipecundangi anak asuh Shin Tae-yong (Korea Selatan) di Piala Dunia 2018. Ujung-ujungnya angkat koper duluan."

Taufik Hidayat

"Inggris jadi kandidat kuat untuk tersingkir di fase grup. Meski bisa pesta gol lawan Iran, gue gak yakin anak-anak asuh Southgate bisa menang juga saat ketemu Amerika Serikat dan Wales."

Andhika Putra

"Belgia sepertinya akan kandas di fase grup. Banyak yang bilang mereka golden generation, tapi kayaknya emasnya udah karatan."

Yusuf Abdillah

"Ada kemungkinan Portugal akan kesulitan lolos dari Grup H. Ghana, Uruguay, dan Korsel bisa ganjal langkah Portugal lolos."

Tengku Sufiyanto

"Krosia dan Uruguay jadi tim kuat yang bisa diprediksi kandas di putaran grup. Kedua tim ini memang memiliki banyak pemain yang sudah berpengalaman, namun kapasitasnya di lapangan hijau sudah menurun."

"Kroasia hanya mengandalkan Luka Modric, yang main bermain di top performance. Sedangkan Uruguay, ada Luis Suarez hingga Edinson Cavani yang sudah menurun kualitasnya."

Frengky Aruan

"Bisa jadi Jerman. Selain Spanyol, dua lawan lain Jepang dan Kosta Rika bisa mengejutkan Jerman dan menjadi batu sandungan. Belum lupa bagaimana Jerman di 2018."

Rizqi Ariandi

"Portugal bisa saja tersingkir, apalagi kalau situasi (Cristiano) Ronaldo memengaruhi tim. Mereka juga tidak bisa memandang enteng Uruguay sebagai pesaing terkuat dan Ghana serta Korsel yang mungkin bisa jadi tim yang kasih kejutan di fase grup"