BolaSkor.com - Atletico Madrid sudah dipastikan tidak akan memainkan Antoine Griezmann yang sudah berkostum Barcelona. Kini, sang pelatih, Diego Simeone sudah mulai bisa menyusun sistem permainan pasukannya, khususnya di lini depan.

Saat ini, Atletico memiliki Alvaro Morata, Diego Costa, dan pemain muda yang baru dibeli mahal, Joao Felix. Tanpa Griezmann, Atletico dan Simeone tentu berharap Joao Felix bisa tampil sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Beruntung bagi Simeone. Pasalnya Joao Felix adalah pemain bertalenta yang berpotensi besar. Pemain, yang meski masih belia, memiliki pengertian dalam permainan sepak bola seperti Simeone. Yang masih harus ditunggu adalah bagaimana Simeone bisa memaksimalkan potensi Felix secara konsisten.

Baca Juga:

Jual Tiga Pemain dengan Harga Tinggi, Atletico Madrid Belajar dari Filosofi Athletic Bilbao

Atletico Akan Alokasikan Uang Hasil Jual Griezmann untuk Gelandang Real Madrid

Saga Transfer Antoine Griezmann: Atletico Tuding Barcelona Langgar Aturan

Joao Felix dan Diego Costa (Twitter/Atleti)

Selama menangani Atletico, Simeone dikenal senang dengan formasi 4-4-2. Namun saat ini, dengan personel yang dipunyai, Simeone mulai berpikir untuk melakukan perubahan. Penyesuaian yang bisa membuat Felix, Morata, dan Costa bermain bersama.

Langkah menuju penyesuaian sudah terlihat pada latihan pramusim Atletico yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat. Pada sebuah sesi latihan, Simeone tidak hanya menerapkan pola 4-4-2 yang menjadi andalannya, tapi juga 4-3-3.

Saat mencoba formasi 4-3-3, Simeone menempatkan Marcos Llorente, Koke, dan Saul Niguez di lini tengah. Hal ini menarik, karena ketiga pemain memang memiliki kemampuan bertahan. Dengan kata lain, ketiga gelandang ini bisa menjadi penyeimbang dari tiga penyerang.

Saat menggunakan formasi 4-4-2, Simeone menempatkan Joao Felix sebagai sayap kanan. Namun, jelas terlihat jika Simeone memberi kebebasan kepada Felix, yang sesekali berubah area jelajah.

Simeone
Diego Simeone (Twitter/Atleti)

Memakai tiga penyerang sejatinya bukan hal yang baru bagi Simeone. Pada periode akhir musim lalu, Simeone beberapa kali memainkan tiga penyerang. Dalam beberapa laga, Simeone memainkan Griezmann, Morata, dan Costa secara bersamaan.

Namun, formasi itu tak berhasil disempurnakan menyusul absennya Diego Costa yang harus jalani sanksi larangan tampil delapan laga.

Saat ini, tak pelak lagi, permainan Atletico bisa dikatakan akan bergantung pada pemain baru mereka, Joao Felix. Dengan kata lain, Simeone harus mencari formula dengan Joao Felix sebagai bahan dasar utama.