BolaSkor.com - Manchester United telah mengumumkan melalui Twitter resmi @ManUtd bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Sporting Lisbon soal transfer Bruno Fernandes. Sang pemain tinggal menjalani tes medis dan akan segera dikenalkan kepada publik.

"Manchester United dengan senang mengumumkan kesepakatan yang tercapai dengan Sporting Clube de Portugal untuk transfer Bruno Fernandes. Subyek akan melakukan tes medis dan kesepakatan personal. Pengumuman lebih lanjut akan segera diumumkan," demikian pernyataan Man United.

Menurut Fabrizio Romano, pakar transfer sepak bola asal Italia, Man United membayar 55 juta euro plus bonus yang terbagi dalam dua kategori: bonus sulit (15 juta euro) dan bonus mudah (10 juta euro). Semua berkaitan dengan performa dan kontribusi untuk tim dalam misi mencapai zona Liga Champions.

Baca Juga:

Fred, Mengubah Kritikan dan Sindiran Menjadi Pujian di Manchester United

Perincian Transfer Bruno Fernandes ke Manchester United: Bergelimang Bonus

5 Fakta Menarik Mengenai Bruno Fernandes, Bidikan Transfer Manchester United

Bruno Fernandes telah tiba di Inggris

Dalam kariernya, Bruno Fernandes pernah memperkuat Novara, Udinese, dan Sampdoria, sebelum ke Sporting. Dari sisi teknik, pengalaman bermain di Italia itu membantunya mengembangkannya. Fernandes juga punya 19 caps dan dua gol dengan timnas Portugal.

Fans Man United saat ini sudah mulai bisa memprediksi atau menganalisis hal-hal yang dapat diberikan Fernandes di lini tengah. Di kala Paul Pogba dan Scott McTominay cedera, Fernandes bisa jadi pengganti ideal bagi klub, khususnya setelah Marouane Fellaini dan Ander Herrera hengkang.

Menjadikan data dari Sky Sports sebagai referensi, berikut tiga hal yang dapat diberikan Bruno Fernandes:

Pencetak Gol dan Gelandang Serang Kreatif

Statistik Bruno Fernandes

Man United mendapatkan satu paket lengkap kemampuan dari Bruno Fernandes. Dia salah satu gelandang paling produktif di Eropa dalam urusan mencetak gol dan juga memiliki kreativitas bermain. 64 gol dan 46 assists dari total 137 laga bersama Sporting seharusnya sudah cukup jelas untuk menggambarkan kualitasnya.

Sejak Primeira Liga Portugal pada musim 2017-18 sampai saat ini, Bruno Fernandes mencatatkan statistik paling teratas dari sisi jumlah tendangan (271), menciptakan peluang (239), bola terobosan (17), dan gol dari luar kotak penalti (sembilan).

Mencetak gol dari luar kotak penalti memang spesialiasinya. Tak ayal banyak yang membandingkannya dengan legenda United, Paul Scholes. Namun menurut penulis sepak bola Portugal, Jose Delgado, Fernandes justru lebih mirip Frank Lampard, legenda Chelsea, ketimbang Scholes.

"Dia menemukan ruang di lini tengah. Gaya bermainnya seperti pemain nomor enam klasik. Ia lebih merupakan Frank Lampard dibanding mengatakannya seperti Paul Scholes," tutur Delgado di BBC Sport.

"Dia adalah pemain tengah yang cukup banyak mencetak gol. Dia memiliki spesialis khusus mencetak gol dari jarak 25 meter," lanjutnya.

Tidak banyak gelandang Man United yang punya kemampuan lengkap sepertinya selain Paul Pogba.

Variasi Taktik

Kemungkinan taktik Man United dengan Bruno Fernandes

Ole Gunnar Solskjaer bisa menempatkannya dalam formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1. Dalam skema 4-3-2-1, Bruno Fernandes dapat memaksimalkan potensinya dalam kemampuan mengatur serangan dan mencetak gol dari lini kedua. Kebetulan, United juga butuh pemain di posisi itu.

Tiga pemain telah dicoba Solskjaer di posisi itu dari Andreas Pereira, Jesse Lingard, dan Juan Mata, dengan total 29 penampilan, ketiganya hanya berkontribusi via tiga gol dan lima assists. Kreativitas yang hilang itu bisa ditutupi oleh Bruno Fernandes.

Kontribusi Bertahan dan Ofensif

Bruno Fernandes bukan sepenuhnya gelandang yang hanya memikirkan sisi ofensif. Kontribusinya ketika bertahan juga bagus selayaknya gelandang serba bisa nomor 6. Felipe Dias, Editor majalah Portugal O Jogo, menggambarkan secara singkat kemampuan Fernandes.

"Bruno Fernandes adalah pemain yang mencakup semua area, secara defensif dan ofensif. Dari lini tengah tengah dan seterusnya, dia bisa melakukan apa saja. Dia memiliki tendangan jarak jauh. Dia bisa melakukan tendangan bebas dan penalti," tutur Felipe Dias.

"Kemampuan mencetak golnya tidak ada duanya. Dalam 20 tahun jurnalisme, saya belum pernah melihat pemain tengah mencetak gol seperti itu. Sangat mencengangkan."

"Oke, kita berbicara tentang sepak bola domestik Portugal dan Liga Eropa, tetapi ketika Anda yang terbaik, Anda bisa tampil bagus di mana saja. Ini adalah pemain top, top."

Jadi, fans Manchester United, sudah tidak sabar melihat aksi Bruno Fernandes?