Menilik Peluang Manchester United dan Liverpool Mendapatkan Gelar Milik Manchester City

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 07 Februari 2023
Menilik Peluang Manchester United dan Liverpool Mendapatkan Gelar Milik Manchester City
Manchester City (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester City menghadapi kasus pelanggaran peraturan keuangan yang disangkakan oleh Premier League. The Citizens terancam kehilangan gelar yang sudah diraih. Lantas, apakah titel tersebut akan diberikan kepada Liverpool dan Manchester United yang berada di posisi kedua?

Manchester City menghadapi batu sandungan. The Citizens didakwa lebih dari 100 dugaan pelanggaran keuangan oleh Premier League. Tidak main-main, pelanggaran diduga terjadi selama sembilan tahun, yaitu dari 2009 hingga 2018.

Intinya, Manchester City dianggap melakukan sejumlah pemalsuan keuangan. Fokus utamanya adalah remunerasi pemain dan manajer, keakuratan informasi keuangan, tidak bekerja sama dengan investigasi, profitabilitas dan keberlanjutan, dan tidak menyerahkan dokumen, seperti yang dipersyaratkan selama lima musim dari 2018-2019 hingga 2022-2023.

Baca Juga:

Didakwa Lebih dari 100 Pelanggaran Keuangan, Manchester City Terancam Didepak Premier League

Tottenham 1-0 Man City: The Citizens Gagal Pangkas Jarak dengan The Gunners

Dituding Lakukan Banyak Pelanggaran Keuangan, Manchester City Terkejut

Menurut Sky Sports, hukuman berat menanti Man City jika terbukti bersalah. Pengurangan poin, denda, atau dikeluarkan dari Premier League adalah beberapa hukuman yang bisa dijatuhkan.

Lantas, jika Man City dijatuhi hukuman pengurangan poin, mungkinkan gelar Premier League yang didapatkan pada periode tersebut diberikan kepada Liverpool atau Manchester United yang berada di posisi kedua? Menurut catatan, Man United finis pada posisi kedua pada musim 2011-2012, 2017-2018, dan 2020-2021. Sementara itu, Liverpool berada di tangga kedua pada musim 2013-2014, 2018-2019, dan 2021-2022.

Sejauh ini, tidak ada kejelasan apakah hukuman akan diberikan pada musim ini atau pada satu dari sembilan musim yang sedang diselidiki.

Menurut Kaveh Solhekol dari Sky Sports, sulit melihat Man City dihukum pada musim ini karena keputusan diyakini tidak akan berlangsung dengan cepat.

Sementara itu, pakar keuangan sepak bola, Kieran Maguire, menyatakan Man City bisa kehilangan gelar jika pelanggaran terbukti. Meskipun, itu akan sulit. Apalagi, pada sejarah sepak bola Inggris, tidak ada tim yang pernah kehilangan trofi karena melakukan kesalahan.

Selain itu, jika terbukti bersalah dan hukumannya adalah mencabut enam gelar Premier League yang sudah diraih, tetap tidak ada jaminan trofi akan diberikan kepada peringkat kedua pada setiap musimnya.

Mengambil contoh Serie A, Juventus yang terlibat skandal Calciopoli pada 2006 mendapatkan hukuman degradasi dan kehilangan dua gelar. Titel 2005-2006 diberikan kepada Inter Milan yang ada di posisi kedua, sedangkan trofi 2004-2005 tidak diberikan kepada siapa pun.

Manchester City Breaking News Premier League Liverpool Manchester United
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.523

Bagikan