Menilik Perubahan Peran Bruno Fernandes di Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Senin, 10 April 2023
Menilik Perubahan Peran Bruno Fernandes di Manchester United
Bruno Fernandes (Twitter)

BolaSkor.com - Pasca melalui tiga laga beruntun tanpa kemenangan di Premier League, Manchester United bangkit menang di dua laga terakhir yang dimainkan di Old Trafford melawan Brentford (1-0) dan Everton (2-0).

Seperti halnya perjalanan Man United musim ini, Erik ten Hag acapkali bereksperimen dengan skuadnya dan menempatkan pemain di posisi berbeda dari posisi terbaik atau yang biasa dimainkan.

Contoh itu sudah terlihat seperti dalam kasus Wout Weghorst(penyerang jadi gelandang serang), Luke Shaw (bek kiri jadi bek tengah), Victor Lindelof (bek tengah jadi gelandang bertahan), dan Marcel Sabitzer (gelandang tengah jadi gelandang serang).

Tak berhenti bereksperimen, Bruno Fernandes pun ditempatkan Ten Hag menjadi gelandang tengah dari gelandang serang di mana ia banyak mencetak gol dan memberikan assist. Pada posisi gelandang serang Fernandes mencetak 60 gol dan memberikan 51 assists dari 173 laga.

Baca Juga:

Transformasi Harry Maguire di Bawah Arahan Erik ten Hag

Manchester United 2-0 Everton: Setan Merah Spesialis Laga Sabtu Siang

Sebut Harga Harry Kane Kemahalan, Bayern Buka Jalan untuk Man United?

Akan tapi hal itu tak menghentikan Ten Hag bereksperimen. Khususnya di saat Christian Eriksen cedera dan Casemiro terkena sanksi akumulasi kartu. Pada momen itu Fernandes jadi gelandang tengah dan bekerja baik saat melawan Brentford dan Everton.

Ten Hag menuturkan alasan memainkan Fernandes lebih dalam untuk juga membantu pertahanan, mengalirkan bola dari tengah, dan membantu transisi bermain.

"Ketika Anda kehilangan pemain, Anda harus mencari solusi sebagai manajer, sebagai staf pelatih. Maka Anda sedang mencari. Saat Casemiro dan Eriksen tersedia, tidak perlu mengubah posisi mereka," terang Ten Hag di laman resmi Man United.

"Tetapi ketika Anda kehilangan mereka, Anda harus menemukan solusi untuk membawa permainan dari belakang untuk membangun, untuk memajukan bola untuk menyerang."

"Kami menemukan ide untuk membawa Bruno lebih dalam dan dia melakukannya dengan brilian, saya pikir dia memainkan permainan yang sangat bagus (lawan Everton)," tambah Ten Hag.

Peran baru itu dijalankan dengan baik oleh Fernandes. Pemain asal Portugal itu memiliki catatan 117 sentuhan bola, 87 operan berhasil, akurasi operan 86 persen, 32 operan di pertahanan lawan, 8 operan bola lambung sukses, 7 kali merebut bola, 6 operan kunci, 2 sapuan bola, 2 tendangan tepat sasaran saat melawan Everton.

Bruno Fernandes Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.273

Bagikan