BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, berharap bisa memopulerkan olahraga tradisional kepada generasi milenial. Melalui olahraga tradisional, masyarakat turut menjaga kebudayaan bangsa.

Zainudin ingin Indonesia mencontoh beberapa negara yang telah memopulerkan olahraga tradisionalnya. Bahkan, sudah ada yang dipertandingkan secara internasional.

“Tantangan kita adalah bagaimana kita bersama menggerakkan dan meyakinkan masyarakat kita khususnya kaum milenial untuk tahu dan mencintai olahraga tradisional kita sendiri," ujar Zainudin.

“Olahraga tradisional yang menjadi milik dan warisan kita harus bisa dikembangkan terus menerus dan yang terpenting bagaimana generasi muda kita mencintai dan menyukainya. Jangan sampai olahraga tradisional kita tinggal kenangan," sambungnya.

Baca Juga:

Menpora Siapkan Skenario Terburuk untuk PON 2020

Akibat Virus Corona, Tak Ada Juara Proliga 2020

Olahraga tradisional yang memiliki potensi mendunia adalah pencak silat. Ke depan, Zainudin ingin olahraga tersebut ada di Asian Games hingga Olimpiade.

“Target kita adalah cabang ini dapat dipertandingkan di Asian Games hingga Olimpiade saat kita mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang," kata Zainudin.

Dalam menyuksekan misi tersebut, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan Webinar Pelatihan Pemuda Penggerak Olahraga Tradisional. Webinar tersebut, diikuti 400 orang peserta yang terdiri dari unsur pemuda, lembaga organisasi olahraga, dan pemerintah.

“Output yang diharapkan yakni menciptakan pemuda penggerak olahraga tradisional yang merupakan bagian dari permainan tradisional asli rakyat Indonesia yang harus harus dijaga sebagai aset budaya bangsa," ujar Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Tri Winarno.

“Outcome yang diharapkan yakni meningkatnya presentasi penggerak dan pelaku olahraga tradisional sehingga dapat membudayakan olahraga tradisional secara nasional dan masif, imbuh dia.