BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, mengatakan pengambilan sumpah dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) akan digelar secara virtual.

Proses naturalisasi kedua pemain tersebut telah disetujui dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022–2023 yang berlangsung pada Selasa (20/9).

Setelah itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerbitkan keputusan presiden atau Keppres terkait pemberian kewarganegaraan Indonesia untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Selanjutnya, Jordi Amat dan Sandy Walsh menjalani pengambilan sumpah atau janji setia kewarganegaraan RI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta.

Baca Juga:

Paripurna DPR Setujui Proses Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Bintang Bali United Sanjung Metode Shin Tae-yong Bangun Timnas Indonesia

Supaya efisien, pengambilan sumpah itu rencananya akan digelar secara virtual. Ini disebabkan keduanya sedang berada di luar negeri karena tengah membela klubnya masing-masing.

"Saya sudah koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, dengan pak Wamenkumham. Beliau sudah oke. Karena mereka sedang bermain di Eropa dan di luar negeri (Malaysia), maka akan diambil sumpahnya oleh Kanwil Kemenkumham DKI secara virtual. Itu juga sah," kata Menpora Zainudin Amali di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/9).

Jika proses ini berjalan lancar, maka Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut dijadwalkan bergulir usai perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar.