Menuai Kontroversi, Boikot Para Pemain Mengancam Perhelatan Copa America

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 05 Juni 2021
Menuai Kontroversi, Boikot Para Pemain Mengancam Perhelatan Copa America
Trofi Copa America (Twitter)

BolaSkor.com - Copa America 2021 akan berlangsung dua pekan lagi dan masalah demi masalah terus terjadi. Bahkan Copa America terancam tidak berlangsung karena belum ada tuan rumah yang mengonfirmasi kesiapan mereka.

Copa America sedianya berlangsung di Argentina dan Colombia. Akan tapi karena masalah pandemi virus corona yang parah di Argentina, serta situasi politik melalui gelombang aksi protes kepada Presiden Kolombia, Ivan Duque Marquez, kedua negara mundur sebagai tuan rumah.

CONMEBOL menunjuk Brasil sebagai tuan rumah dengan memainkan laga-laga di Brasilia, Rio de Janeiro, Cuiaba dan Goiania, tetapi oposisi sosial dan politik di Brasil membuat situasi itu tidak stabil dimainkan di sana.

Terlebih hampir setengah juta orang meninggal di Brasil karena virus corona, jadi skuad Brasil tidak setuju jika Copa America dimainkan di sana pada tahun ini. CONMEBOL belum berkomentar, tetapi melihat Copa Libertadores (Liga Champions-nya Amerika Selatan) dimainkan di Brasil maka itu jadi alasan untuk memainkan Copa America.

Baca Juga:

Tekad Lionel Messi Bawa Argentina Juara Copa America di Brasil

Alasan Brasil Dipilih Jadi Tuan Rumah Pengganti Copa America 2021

Profil Grup B Copa America 2021: Brasil Favorit

Timnas Brasil

Diwakili oleh Tite, pelatih timnas Brasil, sebagian besar skuad Brasil menyuarakan ketidaksetujuannya memainkan Copa America di Brasil.

"Kami sudah meminta para atlet untuk fokus hanya pada pertandingan melawan Ekuador. Kemudian mereka (para pemain) meminta untuk berbicara langsung dengan presiden (Caboclo)," ungkap Tite.

"Itu adalah percakapan yang sangat lugas. Dan kemudian sikap para pemain juga menjadi sangat jelas. Kami memiliki posisi tetapi kami tidak akan mengungkapkannya sekarang. Prioritas kami sekarang adalah bermain bagus dan menang melawan Ekuador."

“Kami memahami bahwa situasinya akan menjadi jelas setelah jeda internasional ini. Mereka (para pemain) memiliki pendapat, mereka telah mengatakannya kepada presiden dan mereka akan mengatakannya kepada orang-orang pada waktu yang tepat."

"Itulah alasan mengapa Casemiro, kapten kami, tidak ada di sini untuk wawancara ini," terang dia.

Protes Bukan Hanya dari Pemain Brasil

Menurut Marca ada potensi Copa America akan disabotase dengan boikot para pemain Brasil. Bukan hanya mereka yang mengutarakan opininya. Dikutip dari AS pemain-pemain dari skuad lain juga tak setuju Brasil jadi tuan rumah.

Sergio Aguero, Luis Suarez, hingga Lionel Messi sepakat agar Copa America tak dimainkan di Brasil mengingat situasi yang terjadi di negara tersebut. Boikot yang akan dilakukan Brasil diikuti oleh negara besar lainnya seperti Argentina dan Uruguay.

Breaking News Copa America Copa America 2021 Brasil
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.265

Bagikan