BolaSkor.com - Sepertinya sepanjang dekade 2010-an, fans Arsenal dibuat geram oleh penampilan Mesut Ozil. Berbagai kritik dan kecaman acap dialamatkan kepada sang pemain. Sudah menjadi tugas utama Mikel Arteta sebagai manajer baru Arsenal untuk melakukan pembenahan.

Sejak tiba di sepak bola Inggris, Mesut Ozil menjadi salah satu enigma terbesar. Tidak ada yang menyangkal kapasitas Ozil sebagai pemain. Dia merupakan salah satu pengatur serang top dunia. Akan tetapi dia dianggap tidak konsisten dan sering disebut pemain malas. Tidak heran jika namanya diapungkan tiap kali Arsenal tampil jeblok.

Baca juga:

Arsenal Tekuk Manchester United, Mikel Arteta Ungkap Resep Raih Kemenangan Perdana

Arsenal Bikin Manchester United Terkapar

Puncaknya pada era Unai Emery. Ozil sepertinya tinggal menunggu waktu untuk meninggalkan The Gunners. Belakangan justru Emery yang terpental. Gagal mendapatkan performa terbaik dari Ozil disebut sebagai salah satu kesalahan terbesar Emery yang berbuntut pemecatannya.

Situasi seperti ini sebenarnya sudah terlihat pada periode akhir Arsene Wenger. Masuknya Emery diharapkan Ozil bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Hanya yang terjadi sebaliknya.

Kini Arsenal ditangani Mikel Arteta. Harapan agar Ozil bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya kembali mencuat. Arsenal memang membutuhkan kontribusi dari pemain bergaji termahal mereka.

Arteta memang baru bertugas untuk tiga laga bersama Arsenal, namun sinyal positif sudah terlihat. Arteta dinilai menjadi sosok tepat yang membuat Ozil mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Harapan besar tersebut bukannya tanpa dasar. Mikel Arteta merupakan rekan setim Ozil di Arsenal. Sejak awal pertemuan, Arteta tidak sungkan mengungkapkan kekagumannya kepada Ozil.

"Saat memiliki pemain seperti Ozil, dengan segala hal di seputarnya, orang-orang akan menyukainya atau tidak menyukainya sama sekali," ujar Arteta dikutip dari Daily Mail pada September 2014.

"Sebagai seorang seniman, Anda tidak akan tampil bagus tiap pekan. Jauh lebih sulit bagi pemain kreatif utuk tampil di level tersebut."

"Lawan akan selalu mencoba menghentikannya. Jadi kadang Anda tidak akan bersinar. Pada saat itulah publik akan bertanya mengapa dia tidak bersinar? Publik mengatakan dia tidak melakukan apa-apa dalam pertandingan," papar Arteta.

"Saat tampil buruk Anda akan mendapatkan kritik. Terlebih pada laga besar. Tapi Anda tidak bisa membantah Ozil adalah pemain spesial."