'Messidepedencia' Barcelona yang Semakin Akut pada 2018

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Jumat, 28 Desember 2018
'Messidepedencia' Barcelona yang Semakin Akut pada 2018
Lionel Messi. (Zimbio)

BolaSkor.com - Sosok Lionel Messi terbukti vital untuk Barcelona sepanjang 2018. Bagaimana tidak, catatan statistik membuktikan Messi sebagai sosok yang penting untuk Blaugrana.

Ketergantungan Barcelona terhadap sosok Lionel Messi terbukti semakin parah pada 2018. Hal itu dapat terlihat dari sejumlah catatan statistik.

Menurut Opta, Lionel Messi mencatatkan 155 sukses menggiring bola di LaLiga sepanjang 2018. Jumlah tersebut 64 kali lebih banyak dibandingkan pesaing terdekatnya, Jose Luis Morales.

Baca Juga:

Soal Messi, Barcelona Bisa Belajar dari Ronaldo dan Real Madrid

Libur Hari Raya Natal, Lionel Messi Mudik ke Argentina

Lionel Messi

Catatan tersebut membuktikan ketergantungan Barcelona kepada Lionel Messi. Messidepedencia, demikian publik sepak bola Spanyol menyebutnya.

Sejak lama, Barcelona memang telah divonis menderita Messidepedencia. Artinya, klub yang bermarkas di Stadion Camp Nou itu seolah tidak bisa atau kesulitan menang tanpa kehadiran Lionel Messi.

Padahal, Barcelona memiliki pemain-pemain top, mulai dari Luis Suarez, Ousmane Dembele, hingga Philippe Coutinho. Namun, sosok Lionel Messi lah yang tetap selalu menjadi andalan.

Messidepedencia pula yang menyebabkan Barcelona secara tidak langsung kehilangan sejumlah pemain bintang. Mulai dari Zlatan Ibrahimovic, hingga teranyar Neymar.

Lionel Messi Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan