BolaSkor.com - MotoGP Emilia Romagna 2021 di Misano menjadi panggung pesta juara MotoGP 2021 bagi Fabio Quartararo. Pembalap asal Prancis itu memastikan diri menjadi kampiun dunia setelah Francesco Bagnaia terjatuh di lap-lap terakhir.

Bagnaia yang memimpin balapan sejak awal lomba terjatuh di lap ke-23. Jatuhnya Bagnaia otomatis mematikan peluangnya mengejar Quartararo di klasemen.

Kegagalan Bagnaia meraup poin, sudah dipastikan Quartararo tidak akan terkejar di dua balapan sisa.

Baca Juga:

Rezim Tiga Raja Mulai Runtuh di MotoGP

Mandalika Bukan Hanya Superbike dan MotoGP

Ducati menjalankan start sempurna setelah Bagnaia dan Miller berada dalam posisi 1-2 di depan Miguel Oliveira. Marc Marquez sukses mengambil alih posisi ketiga dari Oliveira di lap pertama. Quartararo mengakhiri lap pertama dengan naik dua peringkat ke posisi 13.

Nasib sial dialami Joan Mir dan Danilo Petrucci. Mir terjatuh hingga menyeret Petrucci di lap ketiga.

Memasuki lap delapan, Bagnaia dan Marquez mulai menjauh dari posisi ketiga yang ditempati Pol Espargaro dengan keunggulan hingga 2,7 detik.

Memasuki setengah balapan, Bagnaia masih mampu mempertahankan posisi terdepan. Perlahan tapi pasti Quartararo memperbaiki posisi dan berada di posisi ketujuh.

Memasuki lap 18, Quartararo kembali memangkas jarak dengan Bagnaia. Satu lap kemudian Quartararo menyalip Aleix Espargaro untuk naik ke posisi lima.

Di lima lap terakhir Bagnaia mulai menjauh dari kejaran Marquez. Namun petaka datang di lap ke-23 atau empat lap tersisa.

Bagnaia mengalami kecelakaan saat sedang memimpin 1 detik atas Marquez. Hasil itu membuat Quartararo dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2021.

Ketika Bagnaia mengalami kecelakaan, Quartararo sukses menyalip Miguel Oliveira untuk berada di posisi ketiga.

Quartararo akhirnya menjadi juara dunia MotoGP 2021 setelah finis keempat. Quartararo pun menjadi pembalap asal Prancis pertama yang menjadi juara dunia kelas utama.