BolaSkor.com - Chelsea memasuki tikungan terakhir untuk mendapatkan penggawa Shakhtar Donetsk, Mykhaylo Mudryk. Pemain asal Ukraina itu akan memulai petualangannya di Premier League.

Awalnya, Arsenal berada pada posisi terdepan untuk mendapatkan Mykhaylo Mudryk. Bahkan, Arsenal telah melayangkan penawaran 70 juta euro ditambah bonus 25 juta euro.

Namun, manuver Chelsea pada detik-detik akhir mengubah segalanya. Bermodal tawaran lebih tinggi dan proyek yang menarik, pada akhirnya Mykhaylo Mudryk akan menuju Stamford Bridge.

Baca Juga:

Arsenal Selangkah Lagi Datangkan Mykhaylo Mudryk

Belum Menyerah, Arsenal Layangkan Tawaran Baru untuk Rekrut Mykhaylo Mudryk

Demi Masa Depan, Mykhaylo Mudryk Disarankan Pilih Chelsea daripada Arsenal

Mykhaylo Mudryk bukanlah pemain Ukraina pertama yang akan berlaga di Premier League. Sebelumnya, sudah ada delapan pemain Ukraina yang mencoba peruntungan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut. Berikut ulasannya:

Oleksandr Yevtushok

Pemain pertama adalah Oleksandr Yevtushok. Ia menuju Coventry City dari Dnipro pada musim dingin 1997. Harga yang dibayarkan Coventry ketika itu mencapai 1,2 juta euro.

Sayangnya, Oleksandr Yevtushok yang berposisi sebagai bek tengah tidak banyak mendapatkan kesempatan tampil. Ia hanya tiga kali bermain di Premier League. Meskipun, Coventry mengakhiri kompetisi dengan duduk pada posisi ke-11.

Oleg Luzhnyi

Oleg Luzhnyi membuat Arsenal jatuh hati bermodal penampilannya bersama Dynamo Kyiv. Ia pun didatangkan pada awal Juli 1999 dengan mahar 2,75 juta euro.

Selain Arsenal, Oleg Luzhnyi juga pernah memperkuat Wolverhampton Wanderers. Luzhnyi 81 kali tampil di Premier League dengan membukukan lima assist. Ia menjadi bagian The Gunners ketika meraih titel Premier League 2002.

Oleksandr Zinchenko

Oleksandr Zinchenko menuju ketatnya persaingan di Premier League setelah mengeyam pendidikan di akademi sepak bola Shakhtar. Ia mulai memperkuat Manchester City pada musim panas 2016.

Perjalanan Oleksandr Zinchenko terbilang stabil hingga saat ini. Ia membawa Man City empat kali merengkuh titel Premier League. Gelar Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala Super Inggris pun didapatkan. Saat ini, Zinchenko memulai petualangan baru bersama Arsenal.

Andriy Voronin

Liverpool mengontrak Andriy Voronin pada 2007 usai kontraknya habis bersama Bayer Leverkusen. Sang striker didatangkan The Reds untuk menambah kedalaman skuad di posisi serang.

Selama memperkuat Liverpool, Voronin tampl sebanyak 40 pertandingan. Ia mengemas 6 gol dan 5 assist. Sayangnya, tidak ada gelar yang diraih pria 43 tahun itu.

Sergiy Rebro

Sergiy Rebro menjadi satu di antara pemain Ukraina pada bersinar pada awal 2000-an. Tidak heran, Tottenham Hotspur bersedia merogoh kocek hingga 18 juta euro untuk mendapatkan sang striker.

Sayangnya, ketajaman Sergiy Rebro tidak terlalu mencolok. Ia hanya mencetak 16 gol dalam 72 laga bersama The Lilywhites. Torehan golnya di Premier League juga terbilang kecil, yakni 10 gol dalam 59 pertandingan.

Andriy Yarmolenko

West Ham berinvestasi hingga 25 juta euro untuk mendapatkan Andriy Yarmolenko dari Borussia Dortmund pada jendela transfer pertengahan 2018. Sebelumnya, Andriy Yarmolenko memiliki catatan apik bersama Borussia Dortmund.

Selama empat tahun di West Jam, Andriy Yarmolenko mencatatkan 86 penampilan. Torehan individunya adalah 13 gol dan 7 assist. Ia hengkang ke Al-Ain pada awal musim ini dengan status bebas transfer.

Vitaliy Mykolenko

Selain Mudryk, Vitaliy Mykolenko adalah satu di antara talenta yang dimiliki sepak bola Ukraina. Saat ini, penggawa Everton itu baru berusia 23 tahun.

Vitaliy Mykolenko menuju Everton pada musim lalu. Ia diboyong dari Dynamo Kyiv dengan transfer mencapai 23,5 juta euro. Pada musim lalu Mykolenko 13 kali beraksi di Premier League dan menorehkan satu gol.

Andriy Shevchenko

Nama pemain Ukraina terakhir yang berkarier di Premier League adalah Andriy Shevchenko. Shevchenko merupakan pemain asal Ukraina dengan pamor paling besar yang pernah tampil di Premier League.

Shevchenko membela Chelsea mulai awal 2006 setelah angkat kaki dari AC Milan. Saat itu, Shevchenko dihargai 43,88 juta euro.

Penampilan Shevchenko mengalami pasang surut. Bahkan, ia sempat dipinjamkan kembali ek AC Milan sebelum akhirnya benar-benar hengkang pada 2009.

Selama bermain di Inggris, Sheva 48 kali beraksi di Premier League. Pria yang kini jadi pelatih itu menorehkan 9 gol dan 7 assist. Sayangnya, catatan terbaiknya hanyalah membawa Chelsea juara Piala Liga Inggris pada 2007.