Nasib Liga 1 2020 Ditentukan Akhir Mei, Indikasi Dihentikan

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 26 April 2020
Nasib Liga 1 2020 Ditentukan Akhir Mei, Indikasi Dihentikan
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku menunggu hingga akhir Mei untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 2020. Seperti diketahui, PSSI sudah menunda Liga 1 dan Liga 2 2020 mulai dari pertengahan Maret sampai dengan 29 Mei 2020 dengan status force majeure karena Virus Corona.

Jika hingga tenggat waktu darurat bencana yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia pada 29 Mei, situasi bisa kondusif, Liga 1 bisa digulirkan lagi pada Juli. Namun apabila keadaan tak kunjung membaik hingga batas waktu tersebut, kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia tahun ini akan dihentikan.

"Sehingga menurut saya pilihan menunggu status darurat bencana ini sampai akhir Mei adalah pilihan yang paling realistis saat ini," ujar Mochamad Iriawan, dilansir dari Antara.

Baca Juga:

Gelandang Persib Febri Hariyadi Ungkap Perbedaan Ramadan Tahun Ini

Sanjung Baku, Eks Persib Michael Essien Keluarkan Penilaian Buruk soal Kota di Indonesia

Pria yang kerap disapa Iwan Bule ini mengatakan bahwa sampai saat ini masih belum bisa mimikirkan untuk menggelar laga tanpa penonton. Menurutnya menggelar laga tanpa penonton tak menjadi solusi terbaik di tengah situasi seperti ini.

Apalagi beberapa daerah di Indonesia sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga izin untuk menggelar pertandingan tentu tak akan mudah didapat.

"Saya pikir Indonesia belum akan mencontoh negara-negara lain yang menggelar pertandingan tertutup. Contoh, pertandingan yang diputuskan digelar tanpa penonton dan sudah disosialisasikan jauh-jauh hari saja masih didatangi oleh ribuan fans," Iriawan menambahkan.

"Ada kekhawatiran kalau PSSI tetap memutar liga tanpa penonton, para fan tetap akan datang berkerumun, dan itu menyalahi sosial distancing yang sedang dijalankan pemerintah," Iriawan memungkasi.

Beberapa ilmuan yang ada di Indonesia memprediksi puncak dari Virus Corona di Indonesia akan terjadi pada pertengahan Mei 2020, dan baru akan berakhir pada Juni 2020. Akan tetapi untuk menghentikan Virus Corona ini tergantung dari pemerintah Indonesia itu sendiri.

Sampai dengan 26 April 2020, sudah 8.607 yang sudah positif terkena Virus Corona tersebut. Sebanyak 1.042 yang sudah dinyatakan sembuh. Sementara yang meninggal dunia karena COVID-19 ini sebanyak 720.

Pssi Liga 1 Virus Corona Mochamad Iriawan Komjen Pol Mochamad Iriawan
Posts

4.871

Bagikan