BolaSkor.com - Megabintang Barcelona Lionel Messi turut berbicara mengenai besarnya dampak yang diberikan oleh pandemi virus corona hingga manusia memulai kehidupan baru dengan istilah 'new normal'. Ketidakpastian hidup bersama virus membuat segalanya tidak nyaman.

Dikutip dari BBC sudah ada 350.000 kematian yang disebabkan oleh virus corona, virus yang sudah mulai menyebar pada awal Januari 2020 dan berasal dari Wuhan, China. Dampak besar Covid-19 menjalar ke berbagai aspek.

Tidak hanya ekonomi dan kehidupan yang berubah, sepak bola juga terpengaruh dengan penundaan di liga-liga dunia termasuk di Eropa. Dimulainya Bundesliga juga memunculkan sejumlah aturan baru seperti jarak di antara staf kepelatihan, bola yang disemprot disinfektan, hingga stadion tanpa penonton.

New normal itu belum dapat diterima oleh banyak orang. Messi pun demikian. Pemain berusia 32 tahun benar-benar tidak menyangka besarnya dampak dari virus corona di dunia saat ini. Situasi ini tidak ideal untuk kenyamanan publik dengan kekhawatiran adanya virus corona.

Baca Juga:

Menanti Serial The Last Dance Versi Lionel Messi

Pelatih Timnas Argentina Dukung Rencana Barcelona Duetkan Lautaro Martinez dan Lionel Messi

Cristiano Ronaldo Nikmati Rivalitasnya dengan Lionel Messi

Lionel Messi

"Saya pikir tidak ada seorang pun yang melihat hal ini terjadi di dunia. Beberapa orang memperingatkan bahwa pandemi di seluruh dunia dapat terjadi dari waktu ke waktu, tetapi saya benar-benar tidak pernah bisa membayangkan itu akan terungkap seperti itu, atau dampak besar yang terjadi pada hampir seluruh dunia," tutur Messi kepada Adidas.

"Hidup atau bekerja dengan begitu banyak ketidakpastian tidak pernah mudah, terutama ketika dihadapkan pada situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya."

"Kita semua bertanya-tanya kapan kita akan kembali bekerja, kapan kita akan mulai berlatih dan bersaing lagi. pemain sepak bola, sangat penting untuk tetap fokus saat Anda bermain di lapangan pertandingan," tambah Messi.

La Liga juga akan berlangsung kembali pada awal Juni mengikuti sejumlah aturan baru yang digunakan Bundesliga. Memulai liga kembali tanpa penonton dalam stadion aneh bagi Messi, namun La Pulga memakluminya.

"Ada pembicaraan untuk menyelesaikan musim Liga Spanyol tanpa penonton, yang membawa seluruh rangkaian tantangan (baru)," imbuh Messi.

"Persiapan grup sama dengan permainan lainnya, tetapi secara individu setiap orang perlu mempersiapkan dan menggambarkan bermain tanpa penggemar, karena itu sangat aneh. Saya harus melakukannya untuk pertandingan kandang, dan itu benar-benar seram."

"Tapi itu normal bahwa liga akan dilanjutkan dengan cara ini setelah semua yang kita alami. Dengan semua yang terjadi di dunia, itu bisa dimaklumi," pungkas Messi.